Peringatan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia 2021, Begini Tips Menjaga Kesehatan Mental Selama Pandemi COVID-19

Rsalirsyadsurabaya.co.id –  Pandemi COVID-19 ternyata berdampak pada kesehatan jiwa tiap orang, untuk itu penting untuk menjaganya agar tidak bertambah parah. Dokter Spesialis Kejiwaan RS Al Irsyad Surabaya membagikan beberapa tips untuk menjaga kesehatan mental selama pandemi COVID-19 saat ini.

Peringatan hari Kesehatan Jiwa Sedunia yang bertepat pada 10 Oktober 2021 menganjurkan setiap masyarakat untuk senantiasa menjaga kesehatan mental.

Pasalnya, kesehatan mental dapat berdampak pada segala hal, mulai dari kesehatan fisuk maupun urusan pekerjaan hingga urusan rumah tangga dapat terganggu jika tak hati-hati menjaga kesehatan mental.

Tema Global peringatan hari kesehatan jiwa Sedunia tahun 2021 ini adalah “Mental Health in an Unequal World: Kesetaraan dalam Kesehatan Jiwa untuk Semua”.

Tema tersebut mengamanahkan pada setiap Negara agar lebih memberikan akses layanan yang lebih besar dan luas, agar kesehatan mental masyarakat lebih terjamin dan setara dengan kesehatan fisik lainnya.

dr. Hj. Suksmi Yitnamurti, Sp.KJ (K) menyampaikan beberapa tips menjaga kesehatan mental selama pandemi COVID-19, antara lain:

  1. Melakukan aktivitas fisik, misalnya bersepeda atau melakukan olahraga ringan di rumah
  2. Mengonsumsi makanan bergizi, misalnya masakan-masakan sendiri di rumah
  3. Menghentikan kebiasaan buruk, misalnya begadang, minum alcohol dan lain sebagainya
  4. Lebih bijak memilih informasi, misalnya jika ada berita di sosial media harus pandai memilah yang benar bukan hoaks
  5. Mengerjakan hobi yang disukai
  6. Menjaga komunikasi dengan keluarga dan sahabat karena manusia itu makhluk sosial yang perlu terhubung dengan orang lain.

“Bila Anda memang memiliki penyakit mental, maka konsumsilah obat-obatan yang sudah diresepkan dokter dan tetap terhubung dengan dokter yang merawat. Maka dokter akan memantau apa yang dikeluhkan oleh Anda,” ujar dr Suksmi.

Konsultasikan gangguan kesehatan Anda pada dokter yang ahli di bidangnya. Untuk informasi lebih lanjut pelayanan Rumah Sakit Al-Irsyad Surabaya, dapat menghubungi 03199091800/03199091700 atau WhatsApp 081216514916 (chat only).

Pendaftaran pasien secara online melalui website dapat dilakukan di sini atau melalui aplikasi Pendaftaran Online RS Al Irsyad Surabaya yang dapat diunduh terlebih dahulu di http://bit.ly/mobileapprsalirsyad. (Gth)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat