Perhatikan Kebutuhan Nutrisi Anak untuk Tingkatkan Imunitas Tubuh

Rsalirsyadsurabaya.co.id – Di tengah pandemi COVID-19 yang masih perlunya kewaspadaan, tentu penting menjaga imunitas tubuh untuk mencegah infeksi virus ini, begitu pula pada anak-anak. Sehingga sebaiknya para orang tua memperhatikan kebutuhan nutrisi anak dengan menjaga asupan gizi mereka.

Ahli Gizi RS Al-Irsyad Surabaya, Nur Ulfah, A.Md.Gz menuturkan, bahwa kebutuhan nutrisi untuk orang dewasa dan anak-anak tentu saja berbeda, karena disesuaikan dengan usia dan aktivitasnya.

“Nutrisi pada anak sekitar 50 persen dari kebutuhan orang dewasa,” tuturnya.

Ia juga menjelaskan tentang sumber energi seperti nasi, bubur beras, jagung, kentang, singkong, ubi, dan lain sebagainya dibutuhkan untuk orang dewasa sekitar 2-4 porsi per hari. Sedangkan untuk sumber protein, orang dewasa dianjurkan untuk mengonsumsi 2-4 porsi per hari. Dengan demikian, kebutuhan nutrisi untuk anak adalah setengah dari kebutuhan orang dewasa.

Ulfah, panggilan akrabnya juga memaparkan nutrisi apa saja yang baik dan diperlukan demi menjaga imunitas anak:

Protein

Ulfah menyebutkan bahwa protein memiliki banyak fungsi yang baik bagi tubuh mulai dari sumber energi hingga mendukung sistem kekebalan tubuh. Sehingga perlu memastikan kecukupan asupan protein bagi anak.

“Angka asupan protein anak pun bergantung dari usia misalnya usia balita sebanyak 10 gram per hari, remaja 19-34 gram per hari sedangkan remaja laki-laki sebanyak 52 gram per hari dan remaja perempuan 4 gram per hari,” terangnya.

Protein bisa diperoleh dari makanan laut, daging ayam tanpa lemak, daging dan telur. Bahan pangan nabati pun banyak yang mengandung protein seperti, kedelai dan kacang polong.

Vitamin A

Vitamin A ternyata juga baik untuk kekebalan tubuh tetap sehat. Vitamin A berperan dalam melindungi organ-organ tubuh juga terlibat dalam produksi dan fungsi sel darah putih. Sel darah putih inilah yang menangkap bakteri dan patogen dalam darah.

Asupan vitamin A bisa diperoleh dari wortel, kangkung, brokoli, paprika merah, bayam dan ubi jalar.

Vitamin C

Vitamin C menjadi salah satu nutrisi yang harus dipenuhi setiap hari karena baik untuk melawan infeksi. Menurut Ulfah, anak usia di atas satu tahun perlu asupan vitamin C sebanyak 40-45 miligram, sedangkan remaja di atas 12 tahun perlu paling tidak 65-90 mili gram per hari.

Orangtua dapat penuhi kebutuhan vitamin C anak dengan konsumsi jambu biji, jeruk, pepaya, juga sayuran seperti cabai merah, brokoli, kembang kol, dan bayam.

Vitamin D

Selain dua vitamin di atas, Vitamin D juga penting dalam mendukung sistem kekebalan tubuh. Biasanya, banyak orang akan memanfaatkan sinar matahari sehingga pemenuhan kebutuhan vitamin D cukup dengan berjemur.

“Sebaiknya di jam 9-11 siang selama 5-10 menit cukup buat anak, atau bisa mengonsumsi minyak ikan, telur, sereal dan susu,” katanya.

Vitamin E

Tak mau ketinggalan, vitamin E ternyata bagus untuk daya tahan tubuh. Vitamin ini memiliki fungsi antioksidan yakni, menjaga sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu vitamin E juga melindungi tubuh dari serangan penyakit.

“Anak mesti memenuhi kebutuhan vitamin E sebanyak 4-11 miligram. Bisa juga dengan memberikan makanan pada anak berupa almond, bayam, alpukat, brokoli, mangga dan tomat,” tutupnya. (Gth)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat