Perawatan Akar Gigi Lebih Baik daripada Mencabut Gigi

Rs-alirsyadsurabaya.co.id-Gigi berlubang dapat menjadi masalah serius yang harus segera ditangani. Apalagi, jika gigi berlubang itu menjalar hingga ke akar gigi. Selain mencabut gigi, perawatan akar gigi bisa dilakukan.

Perawatan akar gigi atau endodontic merupakan perawatan yang dilakukan bila infeksi pada gigi berlubang sudah mencapi bagian pulpa atau struktur terdalam gigi.

Perawatan ini juga dilakukan dalam beberapa tahap sehingga tidak semudah dan secepat mencabut gigi, serta dilakukan oleh Dokter Spesialis Konservasi Gigi.

Menurut drg. Nirawati Pribadi, M.Kes. Sp.KG (K), tindakan pencabutan gigi memang sebaiknya dihindari bila kondisi akar gigi masih bagus.

“Perawatan endodontic ini digunakan untuk memeprtahankan gigi asli agar terhindar dari pencabutan. Lebih baik merawat gigi asli dibanding harus dicabut kemudian memakai gigi palsu atau dibiarkan ompong, itu malah lebih bahaya,” ujar drg. Nirawati yang berpraktik di Rumah Sakit (RS) Al Irsyad Surabaya.

Ia menjelaskan bahwa jika gigi pasien dicabut maka akarnya harus diambil. Kondisi ini akan menyebabkan gigi lainnya akan renggang karena pergerakan gigi.

“Apabila gigi yang dcabut itu tidak segera dipasang gigi palsu maka kedua gigi di sebelahnya akan mendekat seiring berjalannya waktu dan menyebabkan fungsi kunyah berkurang,” lanjutnya.

Sehingga kebanyakan dokter gigi akan lebih menyarankan untuk melakukan perawatan slauran akar daripada mencabut gigi. Selain dapat bertahan lama, gigi akan terlihat normal kembali.

“Kalau mahkota gigi masih ada sampai sepertiga, gigi tidak perlu dicabut. Cukup dirawat akar giginya, dipasang crown dan pasak, gigi akan terlihat seperti gigi normal,” tuturnya.

Selain masalah estetika, perawatan saluran akar gigi juga membuat peradangan pada pulpa sembuh sehingga gigi tidak sakit lagi. Selain itu, gigi juga dapat berfungsi dengan baik untuk mengunyah seperti gigi sehat lainnya.

Merawat gigi itu sangat penting, sama halnya dengan merawat rambut yang juga membutuhkan perawatan akar atau biasa disebut creambath.

“Gigi juga seperti itu, kalau hanya dibiarkan tanpa dirawat, akan tumbuh banyak bakteri yang dapat menimbulkan beragam dampak negatif pada tubuh,” tutupnya.

Oleh karena itu, merawat gigi tidak bisa disepelekan begitu saja. Ada baiknya pergi ke dokter gigi setiap enam bulan sekali agar gigi tetap sehat dan menghindari penyakit-penyakit berbahaya tersebut. (Gth)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat