Penyakit Katarak Masih Jadi Nomor 1 Penyebab Kebutaan, Lakukan Cara Ini Untuk Mencegahnya

Rsalirsyadsurabaya.co.id –  Gangguan penglihatan dan kebutaan masih menjadi masalah dunia. Penyebab terbesar kebutaan mata pada masyarakat adalah karena penyakit katarak. Untuk itu, sebelum menjadi semakin parah, ada baiknya tiap orang mencegah dengan cara sebagai berikut.

Pada 2014, diperkirakan terdapat 2,2 miliiar penduduk Indonesia yang mengalami gangguan penglihatan termasuk di dalamnya adalah kebutaan dan satu miliiar di antaranya dapat dicegah.

dr. Yossi Ririsdianto, Sp. M(K), Dokter Spesialis Mata RS Al Irsyad Surabaya menyampaikan bahwa kasus yang masih banyak terjadi adalah kasus pasien katarak.

“Pasien usia tua biasanya terjadi katarak, ada pengapuran di lensa mata dan nanti akan dilakukan pembersihan di area sekitar lensa mata tersebut,” ujarnya.

Untuk itu, meski dalam kondisi pandemi, masyarakat diharapkan tidak takut untuk berkunjung ke rumah sakit untuk memeriksakan kesehatan mata ataupun melakukan tindak opeasi.

“Marilah kita bersama-sama menjaga mata yang merupakan nikmat Allah Subhanahu wa Ta‘ala yang terbaik, maka jika ada keluhan seperti sakit, nyeri, atau penglihatan kabur segeralah periksakan diri kepada dokter mata di rumah sakit, sehingga kita bisa sama-sama berusaha untuk meningkatkan kualitas dari penglihatan,” jelasnya.

Selain itu, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah munculnya katarak, antara lain:

Makan-makanan yang sehat

Untuk menjaga kesehatan tubuh, mengonsumsi makan-makanan sehat begitu dianjurkan, sama halnya dengan menjaga mata. Makanlah makanan yang mengandung banyak vitamin A adalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan mata seperti wortel, kuning telur, dan juga susu.

Hindari merokok

Menghindari merokok sejak dini adalah hal terbaik untuk menjaga kesehatan salah satunya yaitu kesehatan mata. Seperti yang kita tahu, merokok sangatlah berbahaya bagi kesehatan termasuk juga dapat mempengaruhi kesehatan mata.

Dampak merokok sendiri bagi kesehatan mata yaitu dapat meningkatkan risiko munculnya penyakit katarak, degenerasi makula, dan kerusakan saraf optik yang mampu menyebabkan kebutaan serta merusak retina mata.

Menggunakan kacamata hitam dengan UV protector

Mata yang terlalu sering terpapar sinar ultraviolet memiliki risiko mengalami katarak, degenerasi makila, kornea terbakar, dan bahkan kanker mata. Pasalnya, sinar pada matahari dapat mengganggu kesehatan mata. Perlunya pemakaian seperti kaca mata hitam sangat bermanfaat untuk perlindungan mata dari sinar ultraviolet ataupun UV. 

Mengistirahatkan mata secara berkala

Mengistirahatkan mata adalah salah satu poin penting yang harus Anda lakukan. Apalagi jika Anda telah menggunakan mata untuk menatap layar monitor komputer ataupun layar handphone selama berjam-jam, bahkan saat Anda membaca buku.

Mengistirahatkan mata secara berkala adalah cara lain untuk merawat kesehatan mata dan menghindari terjadinya mata rabun. Hal tersebut bisa Anda lakukan dengan cara berhenti sejenak dari aktivitas tersebut, kemudian yang perlu Anda lakukan yaitu dengan melihat kejauhan. (Gth)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat