Pentingnya Pemberian Vitamin A pada Anak Tak Hanya untuk Kesehatan Mata

Rsalirsyadsurabaya.co.id – Pemberian vitamin A pada anak adalah hal yang tak boleh dilewatkan meski di tengah situasi pandemi. Pemberiannya harus tetap dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan.

Vitamin A bagi anak penting. Pada organ mata anak, pemberian vitamin A karena dapat mencegah kelainan Xeropththalmia. Kemudian, vitamin A juga berperan dalam diferensiasi sel-sel tubuh, termasuk sel-sel yang berperan dalam perkembangan tubuh.

Saat ini, defisiensi atau kekurangan vitamin A cukup tinggi terjadi di negara-negara berkembang seperti di Indonesia. Di seluruh dunia, defisiensi vitamin A bahkan terjadi pada 30 persen anak di bawah usia 5 tahun.

Defisiensi vitamin A itu pun menyebabkan sekitar 500 ribu anak pra-sekolah di seluruh dunia mengalami kebutaan.

Karenanya, jika pemberian vitamin A rutin dilakukan pada anak di daerah endemik defisiensi vitamin A, maka tak hanya bermanfaat untuk organ mata atau sel-sel tubuh anak, tapi juga dapat menurunkan angka kematian anak sekitar 5 hingga 15 persen.

Apalagi, vitamin A tidak dapat diproduksi oleh tubuh.

Bagi anak-anak yang sedang terkena COVID-19, pemberian vitamin A tetap dapat dilakukan. Orang tua dapat meminta kapsul vitamin A ke posyandu atau puskesmas terdekat, kemudian dapat memberikannya pada anak di rumah.

Namun, pemberian vitamin A ini di masa seperti sekarang tentu perlu memperhatikan kondisi orang tua maupun keluarga anak terlebih dulu.

Apabila orang tua sang anak positif COVID-19, atau salah satu anggota keluarga positif, dan harus melakukan isolasi mandiri, maka pemberian vitamin A tersebut bisa ditunda hingga isolasi mandiri selesai. Namun, jangan ditunda terlalu lama, segera berikan dosis tepat vitamin A pada anak.

Penundaan pemberian vitamin A memang tidak berefek samping. Akan tetapi, vitamin A memang perlu diperhatikan dosisnya. Sebab, mengkonsumsi vitamin A secara berlebihan sangat tidak dianjurkan karena dapat menyebabkan keracunan.

Terkait dengan dosis vitamin A yang diberikan secara rutin pada anak sendiri, umumnya sudah disesuaikan dan aman untuk usia mereka. (nin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat