Pentingnya Menjaga Kondisi Jantung

Salah satu organ vital pada tubuh manusia adalah jantung. Seseorang harus menjaga kondisi jantungnya bila ingin sehat karena jika ada sedikit gangguan pada organ tersebut, kerja organ tubuh lain dapat terganggu.

Dikutip dari Kementerian Kesehatan, salah satu gangguan pada jantung adalah kelainan irama jantung atau yang dikenal dalam istilah medis sebagai aritmia.

Kelainan ini adalah semua keadaan ketika jantung berdenyut tidak sesuai dengan seharusnya.

Disebutkan, denyut jantung orang normal saat kondisi tidak beraktivitas adalah 50-90 kali per menit. Saat melakukan aktivitas seperti berolahraga jantung bisa berdenyut lebih dari 100 kali setiap menit.

Bila denyutnya sangat tidak teratur, seperti ada jeda, kayak ada denyut tambahan, denyutnya hilang-hilang itu yang disebut sebagai aritmia.

Aritmia bisa terjadi karena beberapa faktor, baik yang disebabkan dari dalam tubuh maupun dari luar. Untuk yang dari dalam biasanya disebabkan oleh faktor genetik atau faktor kelainan bawaan.

Adapun penyebab dari luar dapat berasal dari obat-obatan yang dikonsumsi, paparan toksin, maupun virus atau penyakit.

Salah satu faktor luar penyebab aritmia adalah sleep apnea, yaitu kondisi seseorang yang berhenti bernapas saat sedang tidur sehingga pertukaran oksigen tidak baik dan menyebabkan kekurangan oksigen di dalam darah. 

Sleep apnea ini kemudian membuat kerja jantung jadi meningkat sedangkan suplai oksigen ke tubuh dan jantung justru berkurang.

Aritmia yang terjadi di bilik jantung bahkan dapat berakibat lebih fatal.

Tanda-tanda umum seseorang mengalami aritmia adalah jantung berdebar, baik karena denyut jantung tidak beraturan atau karena denyut yang cepat.

Selain itu, penderita aritmia juga memiliki keluhan lain, seperti pusing hingga sampai pingsan. Tanda lainnya adalah sering mengeluh cepat capai, yang bisa disebabkan karena jantung tidak memompa cukup oksigen sesuai kebutuhan. Pasien yang memiliki keluhan yang mengarah ke aritmia disarankan untuk segera ke rumah sakit agar dapat dilakukan rekam jantung menggunakan alat elektro kardiografi (EKG). (Sdi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat