Pentingnnya Pemberian Vaksin Influenza di Masa Pandemi COVID-19

Rsalirsyadsurabaya.co.id – Pemberian vaksin influenza penting dilakukan saat masa pandemi COVID-19. Meskipun tidak bisa mencegah virus tersebut, namun pemberian vaksin flu ini bermanfaat untuk melindungi diri dari penyakit yang menyerang saluran pernapasan tersebut.

Influenza atau flu adalah penyakit yang menyerang saluran pernapasan. Penyakit yang disebabkan virus ini dapat menular lewat cipratan cairan dari saluran pernapasan (droplet) saat penderita batuk, bersin, dan bicara.

Bagi pemilik daya tahan tubuh yang lemah, maka penyakit flu rentan menimbulkan komplikasi pneumonia, gagal ginjal, hingga kematian. Meski pada umumnya COVID-19 biasa menimbulkan gejala seperti demam tinggi, nyeri, sakit kepala, sakit tenggorokan, batuk, atau pilek.

Para Ahli di Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan sejumlah otoritas kesehatan lainnya menyerukan pentingnya pemberian vaksin influenza di masa pandemi COVID-19. Kendati tidak bisa mencegah virus tersebut, namun vaksin flu dapat mengurangi risiko tingkat keparahan dari pasien yang terserang COVID-19.

Hal ini juga disampaikan oleh Ketua Perhimpunan Alergi-Imunologi Indonesia, Prof. Dr. dr. Iris Rengganis, SsPD, K-AI, FINASIM. Ia menyebut, pemberian vaksin influenza penting dilakukan saat ini, “Sebaiknya tetap diberikan vaksin flu. Minimal terlindungi dari influenza, jadi tidak sampai memperberat kondisi pasien,” jelasnya, Selasa (8/9).

Menurutnya, vaksin influenza merupakan perlindungan ekstra bagi kelompok rentan, terutama bagi pasien COVID-19 yang berisiko mengalami komplikasi kesehatan serius. “Pemberian vaksin flu ini ibarat sedia payung sebelum hujan,” imbuhnya.

Bagi Iris, kelompok yang berisiko tinggi di antaranya adalah anak balita di atas usia enam bulan, kalangan lansia, penderita penyakit kronis, dan pekerja medis. Kelompok tersebut disarankan untuk mendapatkan vaksinasi influenza.

Begitu pula yang disampaikan oleh Dokter Spesialis Paru dari Primaya Hospital Karawang, dr. Nurhayati, Sp.P. Mengutip Kompas ia mengatakan bahwa, pemberian vaksin influenza merupakan langkah preventif di masa pademi COVID-19.

“Pemberian vaksin influenza di Indonesia untuk keadaan pasien yang rentan, sebenarnya lebih cepat divaksinasi lebih bagus,” tegasnya.

Dengan adanya pemberian vaksin influenza tersebut, Nurhayati berharap dapat mencegah komplikasi serius, terutama bagi penderita dengan komorbid (penyakit penyerta).

“Misalkan terjadi pneumonia, kondisi pasien tidak bertambah berat, atau komplikasinya tidak sampai fatal. Karena flu disebabkan virus, penyebarannya bisa cepat dan menimbulkan komplikasi serius,” paparnya.

Ia juga menuturkan jika vaksin influenza ini biasanya diberikan satu kali dalam setahun. “Vaksin ini bekerja dengan membentuk antibodi tubuh seseorang untuk melawan virus. Vaksin butuh waktu dua minggu untuk membentuk antibodi di dalam tubuh,” tutupnya. (Gth)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat