Pengobatan dan Penyembuhan Kanker Payudara

Pengobatan dan penyembuhan kanker payudara, tidak bisa hanya menggunakan satu keilmuan, melainkan multidisipliner. Terapi merupakan salah satu jalan yang bisa penderita kanker payudara dapatkan untuk mengusahakan penyembuhannya.

Hal ini disampaikan oleh Dr. dr. Desak Gede Agung Suprabawati SpB(K)Onk dari Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (Unair).

“Ada dua terapi lokal, yaitu pembedahan dan penyinaran atau radiasi. Kemudian yang lainnya adalah terapi sistemik. Jadi, pemberian kemoterapi, terapi target, terapi hormonal. Modalitas terapinya banyak,” ujarnya.

Hanya, bukan berarti kanker payudara tersebut tidak akan pernah muncul kembali setelah melakukan pembedahan. Hal itu bisa saja terjadi, tergantung pada pengukuran dan jenis kankernya. Selain itu, bisa juga karena dokter yang telah melakukan pembedahan tidak radikal, masih tersisa tumor yang akhirnya muncul kembali.

“Sepanjang kita (para dokter) mengerjakan pembedahan dengan cara yang benar, mendapat pengobatan dengan cara yang benar, kemungkinan untuk terjadinya kekambuhan akan terminimalisirkan,” pungkasnya.

Meskipun belum pasti penyebabnya, bukan berarti tidak ada langkah penyembuhan bagi kanker payudara. Dokter Desak menegaskan bahwa kanker payudara bisa sembuh dengan catatan terdeteksinya pada saat stadium awal. Semakin awal stadium, maka angka harapan hidupnya akan semakin tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat