Penerima Vaksin COVID-19: Berperan Aktif Monitoring KIPI dan Jaga Kerahasiaan Sertifikat Vaksinasi

Rsalirsyadsurabaya.co.id – Kejadian Ikutan Paska Imunisasi (KIPI) yang cukup fatal dalam program vaksinasi COVID-19 sejauh ini belum ditemukan. Namun, masyarakat diajak untuk berperan aktif memonitoring KIPI. Selain itu, sertifikat vaksinasi pun diharap dijaga kerahasiaannya.

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito menyampaikan jika masyarakat merasakan atau bahkan menemukan efek samping setelah melakukan vaksinasi, maka harus segera melaporkan kepada pihak berwenang.

“Bagi siapapun penerima vaksin yang mengalami efek samping atau rasa sakit yang tidak wajar setelah melakukan vaksinasi, harap segera melapor ke fasilitas kesehatan terdekat,” ujarnya dalam siaran kanal YouTube Sekertariat Presiden, Selasa (23/3).

Hal ini dianjurkan, lanjutnya, demi keselamatan dan kesehatan masing-masing individu. Selain itu, peran serta aktif masyarakat tersebut dapat menjadi sumbangsih masyarakat dalam mensukseskan monitoring KIPI yang dilakukan pemerintah pusat, baik Komisi Nasional KIPI maupun Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). 

Sementara itu, melansir dari laman resmi covid19.go.id, Wiku menegaskan kepada masyarakat terkait sertifikat bukti telah mengikuti vaksinasi agar tidak diunggah di media sosial, termasuk juga tidak dianjurkan untuk membagikan data sertifikat bukti tersebut kepada pihak lain, misalnya dibagikan di grup-grup WhatsApp.

Pasalnya, hal ini sebagai bentuk untuk menjaga keamanan data pribadi masyarakat yang menerima vaksin tersebut. 

“Penting untuk diketahui, di dalam sertifikat bukti tersebut terdapat data pribadi dalam bentuk QR code yang dapat dipindai. Maka, gunakan sertifikat tersebut sesuai kebutuhannya, karena tersebarnya data pribadi dapat membawa risiko bagi kita,” pesannya.

Untuk informasi pelayanan Rumah Sakit Al-Irsyad Surabaya, dapat menghubungi 03199091800/03199091700 atau WhatsApp 081216514916 (chat only).

Pendaftaran pasien secara online melalui website dapat dilakukan di sini atau melalui aplikasi Pendaftaran Online RS Al Irsyad Surabaya yang dapat diunduh terlebih dahulu di http://bit.ly/mobileapprsalirsyad. (Gth)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat