Pelayanan Vaksinasi COVID-19 Bagi Lansia di Rumah Sakit Al-Irsyad

Rsalirsyadsurabaya.co.id – Prioritas pemberian vaksin COVID-19 kini menyasar pada kelompok lanjut usia. Rumah Sakit Al-Irsyad pun sebagai rumah sakit yang tepat berada di bagian utara Kota Surabaya, tak ketinggalan menjadi salah satu tempat fasilitas pelayanan kesehatan tempat dilakukannya vaksinasi bagi para kelompok prioritas kedua program vaksinasi ini.

Sebagaimana pelayanan vaksinasi COVID-19 pada kelompok prioritas pertama sebelumya, vaksinasi pada lansia pun dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan, dan juga dilakukan dengan menerapkan alur pemberian vaksin sesuai Standar Pelayanan Vaksinasi COVID-19.

Penerapan protokol kesehatan dalam pelayanan vaksinasi COVID-19 ini meliputi pengaturan ruangan, pengaturan waktu layanan dengan mempertimbangkan jumlah sasaran maksimal per sesi, serta ketersediaan tenaga.

Sebelum mendapatkan vaksin dan pergi ke rumah sakit atau fasilitas pelayanan kesehatan lain yang menyelenggarakan vaksinasi di Surabaya, peserta lansia dapat mendaftar secara mudah dengan mengisi formulir pendaftaran di http://surabaya.kemkes.go.id/.

Apabila masih mengalami kesulitan, masyarakat lansia dapat meminta bantuan anggota keluarga atau ketua RT atau RW setempat. Setelah tahap pertama pendaftaran, dan ditetapkan jadwal hari, waktu, serta lokasi pelaksanaan vaksinasi, maka selanjutnya, barulah pelaksanaan vaksinasi dapat dilakukan.

Pelaksanaan yang dilakukan di fasilitas layanan kesehatan, termasuk Rumah Sakit Al-Irsyad Surabaya menerapkan alur pemberian vaksin sesuai Standar Pelayanan Vaksinasi COVID-19 sebagai berikut:

Meja 1 Pendaftaran

Petugas akan memanggil sasaran penerima vaksinasi ke meja 1 sesuai dengan nomor urutan kedatangan untuk memastikan sasaran menunjukkan nomor tiket elektronik (e-ticket) dan/atau KTP untuk dilakukan verifikasi sesuai dengan tanggal pelayanan vaksinasi yang telah ditentukan.

Meja 2 Skrining

Petugas kesehatan melakukan anamnesa untuk melihat kondisi kesehatan dan mengidentifikasi kondisi penyerta (komorbid), serta melakukan pemeriksaan fisik sederhana, meliputi pemeriksaan suhu tubuh dan tekanan darah.

Meja ini juga perlu menanyakan komorbiditas atau penyakit penyerta yang mungkin diderita lansia, sehingga alur pelaksanaan vaksinasi, utamanya di meja skrining, bisa jadi membutuhkan waktu yang lebih banyak.

Juru Bicara Vaksinasi COVID-19, Siti Nadia Tarmizi, mengatakan ada lima pertanyaan untuk menyaring kelompok lansia sebelum melakukan vaksin.

Lima pertanyaan yang dimaksud adalah:

1. Apakah ada kesulitan untuk menaiki 10 anak tangga?
2. Apakah mudah merasa kelelahan?
3. Apakah memiliki 5 dari 11 penyakit kronik atau komorbid?
4. Apakah mengalami kendala untuk berjalan 100-200 meter?
5. Apakah mengalami penurunan berat badan signifikan dibandingkan tahun sebelumnya?

“Kalau dari lima pertanyaan ada tiga jawaban ‘ya’, maka vaksinasi tidak bisa dilanjutkan,” kata Nadia dalam acara diskusi virtual di YouTube Lawan Covid-19, Senin (22/2).

Selanjutnya, jika bisa menerima vaksinasi, petugas kesehatan akan memberikan rekomendasi hasil skrining. Sasaran yang bisa melanjutkan proses vaksinasi akan diberikan penjelasan singkat tentang vaksin yang akan diberikan, serta manfaat dan reaksi simpang (KIPI) yang mungkin akan terjadi dan upaya penanganannya. Kemudian, diminta melanjutkan ke meja 3.

Meja 3 Pemberian Vaksin

Petugas vaksinator memberikan vaksinasi secara intra muskular sesuai prinsip penyuntikan aman. Setelah itu, sasaran diberi memo berisi nama sasaran, NIK, nama vaksin, dan nomor batch vaksin untuk diserahkan kepada petugas di meja 4.

Meja 4 Pencatatan

Petugas pencatatan mempersilakan sasaran untuk menunggu selama kurang lebih 30 menit sebagai antisipasi apabila ada KIPI. Kemudian sasaran diberikan kartu vaksinasi dan penanda Edukasi Pencegahan COVID-19.

Setelah selesai, penerima vaksinasi kembali dipersilakan menunggu selama 30 menit di ruang observasi dan diberikan penyuluhan dan media KIE tentang pencegahan COVID-19 melalui 3M dan vaksinasi COVID-19.

Mekanisme atau alur pelayanan ini pun sebagaimana dilakukan baik di puskesmas, fasilitas pelayanan kesehatan lainnya, maupun pos pelayanan vaksinasi.

Untuk informasi pelayanan Rumah Sakit Al-Irsyad Surabaya, dapat menghubungi 03199091800/03199091700 atau WhatsApp 081216514916.

Pendaftaran pasien secara online melalui website dapat dilakukan di sini atau melalui aplikasi Pendaftaran Online RS Al Irsyad Surabaya yang dapat diunduh terlebih dahulu di http://bit.ly/mobileapprsalirsyad. (nin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat