Pakai Masker Dobel Lebih Ampuh Cegah Penularan COVID-19, Benarkah?

Rsalirsyadsurabaya.co.id – Dalam melindungi diri dari penularan COVID-19, sebagian orang beranggapan hal itu dilakukan dengan mengenakan masker dengan cara didobel. Namun, apakah benar begitu?

Penggunaan dua masker yang didobel perlu diperhatikan. Bagi sebagian orang, mengenakan satu masker mungkin terasa tidak nyaman karena membuat kesulitan bernapas, apalagi dengan menggunakan dua masker.

Jika ketidaknyamanan tersebut turut membuat kecenderungan untuk lepas-pasang masker, maka penggunaan masker dengan didobel tentu membuat perlindungan tak lagi maksimal.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat mengungkapkan, penggunaan masker yang benar dan konsisten adalah langkah penting yang dapat dilakukan setiap orang untuk mencegah tertular dan menyebarkan COVID-19.

Masker memang bekerja paling baik saat semua orang memakainya, tetapi tidak semua masker memberikan perlindungan yang sama. Saat memilih masker, lihat seberapa cocoknya, seberapa baik menyaring udara, berapa banyak lapisan yang dimilikinya, dan pastikan masker pas dengan wajah. Jika ada celah, maka bisa membuat udara dengan droplet masuk-keluar di sekitar tepi masker dan dari lapisan masker yang tepat.

Para ahli sepakat bahwa masker yang efektif harus memiliki banyak lapisan, yakni dua hingga tiga lapisan. Sehingga jika masker yang digunakan sudah memiliki banyak lapisan, tidak perlu lagi menggunakan masker dobel.

Namun, jika memang mendobel pemakaian masker diperlukan, maka gunakan masker kain yang memiliki banyak lapisan kain, lalu kenakan satu masker sekali pakai di bawah masker kain. Di mana masker kain perlu dipastikan rapat menutup area wajah bagian hidung dan mulut.

Untuk informasi pelayanan Rumah Sakit Al-Irsyad Surabaya, dapat menghubungi 03199091800/03199091700 atau WhatsApp 081216514916.

Pendaftaran pasien secara online melalui website dapat dilakukan di sini atau melalui aplikasi Pendaftaran Online RS Al Irsyad Surabaya yang dapat diunduh terlebih dahulu di http://bit.ly/mobileapprsalirsyad. (nin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat