Olahraga Khusus bagi Penderita Osteoporosis

Rsalirsyadsurabaya.co.id –  Semakin berumur, fungsi-fungsi tulang dan sendi akan semakin mengalami penurunan. Ditambah lagi dengan osteoporosis yang seringkali menghantui, akan membuat para manula kesusahan beraktivitas. Meski osteoporosis, olahraga tetap dianjurkan dilakukan rutin. Namun, hanya dibolehkan beberapa olahraga khusus.

Menurut dokter Spesialis Kedokteran Olahraga, dr. Antonius Andi Kurniawan, SpKO, fokus olahraga bukan lagi untuk menabung tulang, tapi untuk memperlambat atau menghentikan berkurangnya massa tulang.

Maka exercise atau gerakan olahraga harus dipilih yang sangat minimal risiko terjatuh pada lansia.

“Dengan melakukan exercise dengan melakukan aktivitas fisik dengan latihan keseimbangan atau latihan kekuatan otot, maka lansia bisa mencegah jatuh sehingga tidak terjadi fraktur atau patah tulang,” ujar dr. Andi dikutip dalam suara.
Osteoporosis adalah kondisi berkurangnya kepadatan tulang, yang menyebabkan tulang menjadi keropos dan mudah patah.

Perlu diketahui saking rentannya penderita osteoporosis mengalami patah tulang, bahkan patah tulang bisa terjadi saat pengidap sedang bersin sekalipun.

Sehingga senam osteoporosis adalah solusi terbaik untuk penderita karena meliputi gerakan aerobik, fleksibilitas, latihan keseimbangan, hingga gerakan melatih kekuatan otot.

Senam ini bisa diikuti secara gratis secara virtual di media sosial Pesatuan Warga Tulang Seluruh Indonesia (Perwatusi) seperti Instagram hingga YouTube.

“Perwatusi pusat ada senam virtual secara reguler setiap hari Selasa, Kamis dan Sabtu jam 8 pagi sampai jam 9 pagi,” pungkas dr. Anda.

Perlu diketahui, Penelitian International Osteoporosis Foundation menunjukkan, risiko perempuan untuk terkena osteoporosis 4 kali lebih tinggi dibandingkan laki-laki. (ipw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat