Olahraga Ini, Aman untuk Penderita Asma

Rs-alirsyadsurabaya.co.idBagi penderita asma, olahraga tertentu justru memicu kambuhnya penyakit. Meski demikian, olahraga tetap diperlukan bagi penderita asma. Berikut ini berbagai olahraga aman yang bisa dilakukan oleh penderita asma.

Serangan asma bisa dipicu oleh aktivitas fisik yang berlebihan. Banyak penderita asma yang mengalaminya saat melakukan olahraga berat, sehingga disebut juga Exercise Induced Asthma (EIA).

Olahraga yang dapat memicu EIA biasanya dilakukan dengan ritme yang cepat dan menguras banyak energi dalam waktu yang singkat. Di antaranya adalah basket, lari cepat (sprint) dan tenis.

Namun ada beberapa olahraga yang diperbolehkan dan aman untuk penderita asma. Apa saja itu? Simak ulasan berikut disadur dari berbagai sumber.

Jalan Kaki

Studi menemukan orang dewasa yang berjalan kaki sebanyak tiga kali seminggu selama 12 minggu, dapat meningkatkan juga mengontrol kebugaran tubuh tanpa asma yang kambuh.

Penulis studi, Lisa M. Schwiebert, PhD, profesor asosiat bidang biologi sel, pengembangan, dan integratif University of Alabama, Birmingham, dilansir dari Health mengatakan, jalan kaki adalah latihan terbaik untuk meningkatkan kesehatan tubuh penderita asma.

Kemudian Lianne Marks, MD, dokter internis dari Scott & White Healthcare di Round Rock, Texas, menyarankan untuk mengawali jalan kaki dengan pemanasan ringan, lalu berjalan kaki selama 30 menit dan akhiri dengan pendinginan.

Bisbol

Dilansir dari liputan6, ahli alergi dari Indiana, Mark Holbreich, MD, mengatakan, bisbol salah satu olahraga yang aman bagi penderita asma. Gerakan lari dalam bisbol dapat berfungsi untuk melatih pernapasan. Bahkan sebuah studi pernah menemukan 75 persen anak dengan asma yang rutin berlatih bisbol tidak lagi membutuhkan inhaler.

Berenang

Ketua Dewan Asma Indonesia (DAI), Prof. dr. Faisal Yunus, Ph.D., Sp.P. (K), dilansir dari Detik memang membenarkan bahwa berrenang bukan hanya aman untuk penderita asma, namun lebih dari itu, bisa menyembuhkan asma.

“Ada sejumlah alasan mengapa berenang baik untuk penderita asma,” ungkap Prof. Faisal, yang juga merupakan Ketua Umum Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI)

Pertama, renang adalah olah raga yang melatih seluruh otot pernapasan. Mulai dari dada, perut, bahu dan pundak semuanya ikut bergerak sehingga bisa memperbaiki kondisi pada penderita asma.

Kedua, sebagian besar serangan asma dipicu oleh udara kering. Hal ini tidak terjadi saat berenang, karena pernapasan terjadi di dekat permukaan air. Uap membuat udara yang masuk tidak kering.

Ketiga, beberapa penderita asma merasa rendah diri karena aktivitas fisiknya terbatas. Berenang bisa membangkitkan percaya diri serta semangat hidup, dan secara psikologis akan mengurangi risiko serangan. (Din)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat