Nyeri Punggung Ini Tak Boleh Diremehkan

Rs-alirsyadsurabaya.co.id-Nyeri punggung dapat dengan mudah dialami oleh beberapa orang. Mengoleskan krim pereda nyeri biasanya cukup meredakan nyerinya. Namun, Anda perlu mewaspadai beberapa jenis nyeri punggung. Agar penanganan bisa dilakukan dengan segera dan terhindar komplikasi penyakit.

Umumnya nyeri punggung bukan keluhan yang perlu ditakutkan. Namun, ada beberapa kondisi khusus pada nyeri punggung yang perlu diwaspadai. Apalagi, jika bebarengan dengan nyeri tersebut ada beberapa gangguan kesehatan lain.

“Keluhan ini bisa buat kita istirahat beberapa hari. Biasanya, nyeri punggung bawah dengan cepat membaik dan kita bisa beraktivitas kembali,” jelas Neel Anand, MD, ahli ortopedi Cedars-Sinai Medical Center.

Ia kembali menerangkan bahwa ada beberapa nyeri punggung yang patut diwaspadai jika terjadi pada Anda. Berikut pemaparannya dikutip dari kompas.

Nyeri Punggung dan Hilang Kontrol Kandung Kemih

Jika nyeri punggung yang menyerang bersama dengan hilangnya kemampuan kandung kemih menahan buang air, ini jangan didiamkan. Karena, ini adalah indikasi adanya gangguan pada tulang belakang.

“Ini berarti ada sesuatu pada kanal tulang belakang, misalnya saraf terjepit yang akan menekan saraf bagian kandung kemih dan usus. Dan dapat menyebabkan kelumpuhan sementara,” terangnya. Bila ini didiamkan dan terjadi cukup lama, bisa sulit dipulihkan dan kembali berfungsi normal.

Nyeri Punggung Disertai Demam

Nyeri punggung yang disertai demam dapat menjadi gejala tubuh telah terjadi infeksi. Umumnya, seseorang mengalami demam karena berbagai sebab, namun jika diikuti dengan nyeri punggung yang terus menerus wajib diwaspadai.

“Jika demam diikuti nyeri punggung terus menerus, kemungkinan ada abses epidural (sekumpulan nanah yang dapat mempengaruhi otak atau sumsum tulang belakang),” kata David Anderson, ahli bedah tulang belakang dari OrthoCarolina.

Nyeri Punggung Diikuti Nyeri Kaki

Kembali, Neel Anand mengungkap jika nyeri punggung dapat merembet hingga kaki. Jika rasa nyeri diiringi dengan kesemutan, mati rasa, atau kesulitan mengangkat kaki, itu adalah tanda saraf terjepit. Penyebabnya pun beragam. Bisa dari pertumbuhan tulang di tepian, herniasi diskus atau sternosis (penyempitan ruas tulang belakang dengan perlahan).

Nyeri Punggung di Dekat Leher

Sebagian orang akan mengira nyeri yang terjadi di daerah leher adalah nyeri punggung. Padahal ini bukan nyeri punggung.

Dikatakan oleh Neel bahwa nyeri ini berasal dari leher. Bedanya, jika nyeri ini terjadi pada bagian dengan saraf tulang belakang di leher yang tersambung ke otak. Sementara itu, jika nyeri punggung bagian atas, Anda akan mengalami kesemutan dan lemas pada bagian tangan dan mungkin Anda juga menyadari bahwa cara jalan Anda tidak seimbang.

Tanda-tanda nyeri punggung yang disertai dengan hal-hal tersebut patut diwaspadai. Jika Anda merasakan nyeri punggung dibarengi dengan gejala di atas, segera berkonsultasi ke dokter agar tak semakin kronis.(ipw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat