Normal atau Caesar: Manakah Metode Melahirkan yang Tepat di Masa Pandemi COVID-19

Rsalirsyadsurabaya.co.id – Memilih persalinan yang tepat dapat mencegah ibu dan bayi tertular dari COVID-19. Lalu, metode persalinan seperti apa yang tepat bagi ibu hamil di masa pandemi COVID-19 ini?

Terdapat dua metode persalinan yang dapat dilakukan yakni persalinan secara normal (per vaginam) dan melalui operasi caesar (sectio caesaria). Dua metode persalinan ini sama-sama dapat dilakukan ibu hamil suspek maupun positif COVID-19, tergantung kondisi dan keputusan dokter yang menanganinya.

Menurut panduan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), pasien positif COVID-19 masih memungkin melakukan persalinan normal dengan beberapa pertimbangan, yakni gejala klinis ibu, risiko penularan, dan kemampuan menerapkan protokol kesehatan. Jika ada indikasi pada pertimbangan tersebut, maka persalinan melalui operasi caesar dilakukan.

Pada ibu, indikasi itu meliputi panggul sempit, tumor di jalan lahir, stenosis serviks, hingga penyakit penyerta seperti eklampsia, jantung, paru, metabolik, dan lainnya. Sedangkan indikasi pada bayi di antaranya kelainan posisi seperti sungsang dan lintang, gawat janin, plasenta previa, gangguan pertumbuhan janin, maupun gangguan sirkulasi uteroplasenta.

Metode persalinan normal maupun caesar, keduanya tetap harus dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat sesuai dengan panduan WHO dan juga Kementerian Kesehatan.

Pada minggu ke-39 kehamilan, ibu perlu melakukan tes PCR/swab agar saat terjadi tanda kehamilan dapat segera mendapat prosedur persalinan. Segerakan pergi ke rumah sakit dengan protokol kesahatan yang ketat ketika muncul tanda-tanda kelahiran seperti mulas kuat, disertai lendir darah atau air ketuban.

Selain melakukan pemeriksaan swab pada ibu melahirkan, prokol kesehatan di rumah sakit meliputi pemisahan ruang bersalin untuk ibu hamil yang sehat dan bergejala infeksi, menutup akses kunjungan terhadap pasien, penunggu atau keluarga diwajibkan melakukan skrining COVID-19, juga menyediakan kamar operasi dan bersalin bertekanan negatif untuk memastikan keamanan pasien.

Untuk informasi pelayanan Rumah Sakit Al-Irsyad Surabaya, dapat menghubungi 03199091800/03199091700 atau WhatsApp 081216514916.

Pendaftaran pasien secara online melalui website dapat dilakukan di sini atau melalui aplikasi Pendaftaran Online RS Al Irsyad Surabaya yang dapat diunduh terlebih dahulu di http://bit.ly/mobileapprsalirsyad. (nin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat