Mudah Lelah, Ini Penyebabnya

Rs-alirsyadsurabaya.co.id-Kelelahan (fatigue) meruapakan kondisi tubuh yang selalu merasa lelah, lesu, atau kurang tenaga. Penyebabnya beragam, bisa karena psikologis, gaya hidup, aktivitas fisik berlebih, atau penyakit.

Bila rasa lelah ini menjumpa sesekali tak mengapa. Namun bila seseorang mudah merasa lelah, inilah yang perlu diketahui penyebabnya.

Faktor Psikis

Dalam sebuah makalah berisi kesimpulan dari berbagai penelitian mengenai kelelahan terkait pekerjaan (2006) oleh Department of Employment and Workplace Relations – Australian Safety and Compensation Council (ASCC), dikutip dari Kompas, disebutkan sejumlah faktor yang memengaruhi kelelahan saat bekerja.

Faktor tersebut antara lain tuntutan pekerjaan, jam kerja, tuntutan secara fisik dan psikis dalam bekerja, psikososial, lingkungan, hubungan interpersonal, kondisi lingkungan kerja seperti suara bising, suhu, serta stres dalam bekerja, tak terkecuali pola tidur.

Penyakit Tertentu

Menurut Lifestyle Observer dan Pengajar Biologi Fisiologi Tubuh dari Shape Up Indonesia, dr Grace Judio-Kahl, MSc, MH, CHt, penyebab kelalahan bisa sangat beragam, salah satunya karena penyakit. Hal ini sebagaimana dipaparkan Grace dalam Kompas.

Ia menyebut dalam penanganannya, seseorang perlu terlebih dulu mencermati sumber masalah kelelahan tersebut. Grace menjelaskan, bisa saja kelelahan terjadi karena seseorang memang secara fisik lelah, misalnya karena kurang istirahat atau melakukan pekerjaan yang membutuhkan aktivitas fisik yang besar.

Namun lebih lanjut ia menjelaskan kelelahan juga bisa terjadi karena penyakit kronis atau penyakit akut. Penyakit akut bisa disebabkan beberapa virus, termasuk virus fourth disease, fifth disease, roseola, atau hepatitis. Sementara itu, penyakit kronis misalnya pada orang yang memiliki masalah tiroid atau diabetes.

Kualitas Tidur

Pakar naturopati dari The Herbal Alchemist, New York, Dr Gabrielle Francis, dikutip dari Medical Daily menjelaskan rasa lelah yang perlu dikhawatirkan adalah rasa lelah berkepanjangan hingga mengganggu aktivitas. Pakar mengatakan hal ini terjadi akibat sindrom kelelahan kronis (chronic fatigue syndrome) yang menyerang.

Salah satu penyebabnya adalah kualitas tidur yang kurang baik. Juga karena sleep apnea. Sleep apnea merupakan penyebab utama terjadinya sindrom kelelahan kronis. Hal ini menjelaskan mengapa seseorang yang sudah mencukupi jam tidur masih merasa kelelahan hingga esok harinya.

Sleep apnea merupakan gangguan tidur yang membuat aliran oksigen ke otak terhambat. Akibatnya, kadar CO2 dalam tubuh masih banyak dan membuat otak selalu dalam keadaan terjaga.

Aktivitas Berlebih

Bila Anda saat ini mudah merasa lelah, ada baiknya untuk mengurangi kepadatan aktivitas harian. Sebab salah satu penyebab dari mudah lelah adalah aktivitas yang berlebih. Istirahatlah dengan cukup. Sebab dengan istirahat, manusia berupaya mengembalikan kondisi tubuh sehingga lebih fit. Ciptakanlah suasana kamar tidur menjadi gelap, tenang, dan sejuk. (Din)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat