Menjadi Lansia yang Terus Bergerak Aktif

Rsalirsyadsurabaya.co.id – Menua sudah seharusnya menjadi momen menyenangkan bagi siapa saja. Sehat wal afiat, merupakan hal yang harus disyukuri. Apalagi, jika kita masih dapat bergerak aktif. Agar hal itu tercapai, ada beberapa tips mudah yang bisa Anda lakukan untuk tetap dapat bergerak aktif saat menua.

Proses penuaan tentu akan mempengaruhi setiap orang secara fisik dan mental. Itu sebabnya, seiring dengan bertambahnya usia, sangatlah penting untuk terus mempraktikkan kebiasaan hidup sehat agar kualitas hidup lansia menjadi jauh lebih baik.

Menyambut Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) 2021 yang jatuh pada tanggal 29 Mei, kita perlu ingat bahwa meskipun proses penuaan tidak bisa dilawan, tetapi perlu diingat bahwa banyak upaya yang bisa dilakukan untuk menjalani usia senja dengan sehat, tetap aktif, dan kuat, salah satunya dengan mengonsumsi nutrisi harian yang tepat dan olahraga.

Seiring bertambahnya usia memang tak terelakkan terjadi perubahan-perubahan fisik pada lansia. Lansia biasanya mengalami setidaknya 5-10 jenis masalah kesehatan. Mulai dari pneumonia, hipertensi, diabetes, stroke, katarak, hingga sarkopenia/penurunan massa otot. Terlebih lagi paparan radikal bebas juga bisa mempercepat/memperburuk proses penuaan.

Hal itu sebagaimana diungkapkan Prof. DR. dr. Siti Setiati, SpPD-KGer, M-Epid, FINASIM, Ketua PB Perhimpunan Gerontologi Medik Indonesia (Pergemi) sekaligus Dokter Penyakit Dalam Sub Spesialis Geriatri. Selain itu juga ada gangguan psikologis seperti demensia, depresi, dan penurunan kapasitas fungsional sampai membutuhkan caregivers.

Untuk itu, disarankan agar lansia melakukan pemeriksaan rutin minimal setahun sekali dan melakukan upaya pencegahan agar penyakitnya tidak semakin parah, serta yang paling penting bagi lansia adalah tetap aktif agar kualitas hidup lebih baik.

Pentingnya Pemenuhan Nutrisi

Kemudian, selain memeriksakan diri secara rutin, Dr. dr. Fiastuti Witjaksono, M.Sc., MS., Sp.GK(K), Pakar Gizi sekaligus Dosen Gizi Universitas Indonesia juga menekankan pentingnya pemenuhan nutrisi saat lanjut usia. Karena, mereka adalah golongan orang yang rentan tidak terpenuhi nutrisinya. Dengan nutrisi yang tepat, maka kesehatan dapat terpelihara baik dan mengurangi timbulnya penyakit.

Nutrisi harian yang mengandung protein, serat, omega 3 dan 6, vitamin, mineral, serta antioksidan sangatlah penting untuk menjaga kesehatan lansia terutama untuk menjaga agar lansia tetap aktif.

Proses penuaan tidak harus identik dengan penyakit bila kita memahami cara menjaga kesehatan lansia dengan baik dan tepat. Tentunya tidak ada yang mau merasa dibatasi oleh kesehatan, termasuk para lansia.

Konsultasikan gangguan kesehatan Anda pada dokter yang ahli di bidangnya. Untuk informasi lebih lanjut pelayanan Rumah Sakit Al-Irsyad Surabaya, dapat menghubungi 03199091800/03199091700 atau WhatsApp 081216514916 (chat only).

Pendaftaran pasien secara online melalui website dapat dilakukan di sini atau melalui aplikasi Pendaftaran Online RS Al Irsyad Surabaya yang dapat diunduh terlebih dahulu di http://bit.ly/mobileapprsalirsyad. (ipw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat