Menilik Manfaat ASI Bagi Bayi, Salah Satunya Dapat Menangkal Virus

Rsalirsyadsurabaya.co.id –   Kandungan nutrisi yang terdapat dalam air susu ibu (ASI) memiliki manfaat yang baik bagi tumbuh kembang bayi. Selain dapat mencegah stunting, ASI ternyata juga bermanfaat untuk menangkal virus yang menginfeksi tubuh. Termasuk virus korona jenis baru penyebab COVID-19.

Dokter Konselor Laktasi, Ameetha Drupadi menyebutkan bahwa ASI memiliki kandungan nutrisi berupa karbohidrat, protein, vitamin, juga mineral yang dapat membantu meningkatkan sistem imunitas pada bayi yang baru lahir.

Dengan begitu, ia menyarankan para ibu untuk memberikan ASI eksklusif hingga bayi berusia dua tahun mengingat besarnya manfaat ASI tersebut. Sebab, lanjutnya, 1.000 hari pertama kehidupan bayi inilah menjadi periode yang sangat menentukan ke depannya agar terhindar dari stunting dan meningkatkan imunitas tubuh.

“1.000 hari pertama kehidupan termasuk dalam fase yang sangat penting dalam pencegahan stunting. Karenanya, ibu harus mendapatkan asupan makanan yang bergizi dari masa kehamilan hingga kelahiran anak agar dapat memiliki kuantitas maupun kualitas ASI yang baik,” ujarnya.

Melalui siaran langsung yang digelar Dexa grup dengan judul  “Kartini ASI, Menyusui Lancar di Tengah Pandemi” beberapa waktu lalu, Ameetha memaparkan tiga bahan alami penting yang dapat membantu meningkatkan produksi ASI. Bahan-bahan itu antara lain ikan gabus, daun katuk dan, daun torbangun.

“Ikan gabus dapat memberikan nutrisi penting untuk membantu pertumbuhan anak, daun katuk direkomendasikan karena terbukti meningkatkan produksi ASI, dan daun torbangun yang tinggi kadar zinc, zat besi, kalium, dan magnesium dapat berpengaruh dalam meningkatkan berat badan bayi,” jelasnya.

Sementara itu, Bidan Brian Sahar, dari Komunitas Bidan Pencerah Nusantara menyampaikan tentang fungsi ASI yang mampu membangun sistem imunitas tubuh pada bayi sehingga dapat menjadi benteng dari virus corona. Ia pun turut menyarankan pemberian ASI eksklusif merupakan hal penting yang harus dilakukan.

“Saya juga menekankan, terkait dengan kondisi pandemi yang kita hadapi bersama saat ini, masyarakat diharapkan dapat membangun imun tubuh sejak dini melalui ASI,” tuturnya. Kondisi pandemi COVID-19 saat ini begitu rentan bagi bayi yang baru lahir.

Untuk itu perlunya menjaga daya imunitas bayi dengan memberikan nutrisi atau cakupan gizi yang baik. menurut Bidan Brian, tidak ada makanan lain yang aman bagi bayi selain ASI. Dengan begitu, ibu perlu memperhatikan produksi ASI dengan cara yang tepat. (Gth)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat