Mengulik Manfaat Santan Kelapa Bagi Kesehatan Rambut

Rs-alirsyadsurabaya.co.id – Selama ini, mengonsumsi santan kelapa sering dianggap sebagai bahan makanan yang dapat memicu berbagai penyakit serius, mulai dari peningkatan kolestrol hingga penyakit jantung. Namun, anggapan tersebut tak sepenuhnya benar, karena santan kelapa ternyata memiliki kandungan baik untuk menyehatkan rambut.

Dilansir dari CNN, menurut sejumlah penelitian, santan diketahui dapat mengembalikan kelembapan serta membuat rambut lebih kuat. Hal itu disampaikan oleh penata rambut, Paul Labrecque bahwa santan bersifat restoratif atau memberikan kekuatan baru.

Begitu pula dengan apa yang disampaikan oleh Nur Ulfah, A.Md.Gz, Ahli Gizi Rumah Sakit Al-Irsyad Surabaya yang menyebutkan, bahwa santan yang merupakan cairan ekstrak langsung dari daging kelapa sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan.

“Asam lemak alami di dalamnya dapat membantu menumbuhkan dan menjaga rambut tetap sehat,” ujarnya.

Menurutnya, kandungan asam larut pada santan mampu menembus rambut dengan mudah dan membantu memperkuat kutikula atau lapisan pelindung rambut. Protein tinggi pada santan menjadi salah satu faktor penting yang memeprkuat batang rambut tersebut.

“Deretan vitamin yang terdapat pada santan yakni vitamin C, E, B1, B3, B5, dan B6 sangat menyehatkan, menguatkan dan melembapkan rambut, sehingga rambut tidak mengalami kekeringan dan kerusakan,” terangnya.

Rambut rontok, rambut kering, ketombe juga dapat dihilangkan dengan penggunaan santan secara rutin. Selain itu, agar lebih maksimal, banyak orang yang mencampurkan santan dengan alpukat dan beberapa bahan lain untuk digunakan sebagai masker.

“Untuk perawatan, bisa diaplikasikan langsung pada rambut dan mendiamkannya selama 20 menit sebelum dibilas dengan sampo,” ujar Paul Labrecque, mengutip dari Well and Good.

Paul Labrecque  memaparkan, kondisioner berbahan alami dari santan juga ampuh melawan rambut kusut, sehingga tampak halus kembali dan tidak susah disisir. Tak hanya masker dan kondisioner rambut, santan juga bisa digunakan untuk perawatan kulit kepala yang terkelupas.

Untuk mendapatkan nutrisi dari dalam, santan juga dapat diminum namun perlu berhati-hati terhadap efek samping yang nanti akan ditimbulkan. Karena santan akan menyebabkan ruam jika kulit seseorang sensitif terhadap partikel pembentuk santan tersebut.

Selain itu, santan juga kurang cocok untuk kulit kepala dan rambut yang berminyak. Kandungan lemaknya yang tinggi membuat santan cenderung berminyak sehingga rambut akan mudah mengeluarkan minyak lebih banyak. Sebaiknya gunakan bahan yang lain untuk membantu merawat rambut, seperti lidah buaya, teh hijau, atau putih telur.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, ada baiknya menggunakan santan sebagai perawatan rambut secara ruutin minimal sebanyak tiga kali dalam seminggu. (Gth)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat