Mengintip Kelebihan dan Kekurangan Posisi Tidur Bagi Kesehatan

Rsalirsyadsurabaya.co.id – Salah satu cara menjaga daya tahan tubuh selama masa pandemi COVID-19 saat ini adalah dengan memenuhi waktu tidur dan menjaga kualitas tidur. Dengan begitu, perlunya mengetahui kelebihan dan kekurangan posisi tidur yang baik bagi kesehatan tubuh.

Menjaga jadwal tidur yang konsisten di tengah perubahan jadwal sehari-hari memang begitu penting. Karena itu, untuk mendapatkan manfaat tidur yang lebih baik, maka harus tahu posisi tidur yang tepat seperti apa.

Tidur telentang

Tidur dengan posisi telentang ternyata dapat membantu mengurangi nyeri leher karena tulang belakang menyangga dengan baik. Selain itu juga dapat membantu pencernaan, terutama jika kamu tidur tidak lama setelah makan berat.

Namun, hanya ada sekitar 10 persen orang yang memilih tidur dalam posisi telentang, sebab orang yang tidur telentang akan mengalami gangguan tidur yang menyebabkan henti napas sementara (sleep apnea), karena posisi telentang membuat saluran pernapasan menyempit.

Tidur menyamping

Daripada tidur telentang, lebih banyak orang yang lebih sering tidur dalam posisi menyamping. Dalam sebuah studi dari Stony Brook University menemukan, bahwa posisi tidur ini dapat membantu menurunkan risiko penurunan kognitif dengan membantu membersihkan kotoran otak.

Selain itu, tidur menyamping juga membersihkan saluran pernapasan dan meningkatkan aliran dan sirkulasi darah bagi jantung. Posisi tidur ini ideal bagi mereka yang menderita sleep apnea. Jika selama tidur seseorang memeluk bantal, maka tidak perlu khawatir tentang risiko sakit punggung dan leher saat tidur. Posisi tidur ini pun adalah sunah yang paling dianjurkan oleh Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam.

Tidur tengkurap

Tak banyak orang yang tidur dalam posisi tengkurap dibandingkan dengan kedua posisi tidur sebelumnya. Meski demikian, tidur tengkurap memiliki manfaat tersendiri. Sebagai contoh, orang yang tidur tengkurap dapat bernapas lebih mudah, sehingga mereka yang menderita sleep apnea akan lebih baik dalam posisi ini.

Tidur tengkurap akan lebih bagus dilakukan pada orang yang biasanya hidup dengan gangguan pencernaan dan masalah pencernaan lainnya. Sayangnya, dilansir dari Kompas, tidur tengkurap tidak menjaga tekanan pada persendian, sehingga membuatnya tidak ideal untuk mereka yang mengalami nyeri sendi dan sakit leher.

Oleh sebab itu, untuk membantu Anda tidur dengan kualitas yang baik dan menghindari masalah sulit tidur, maka sebaiknya pilihlah posisi tidur yang tepat yang biasanya digunakan dan cobalah posisi tidur yang lain untuk melihat apakah posisi tersebut membuat perbedaan dan membuat lebih nyaman. (Gth)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat