Mengetahui Pola Makan yang Tepat Bagi Ibu Hamil

Rsalirsyadsurabaya.co.id – Pola makan yang sehat sangat penting untuk ibu hamil dan janinnya, karena apa yang dimakan dan diminum ibu hamil adalah sumber makanan utama bagi janin. Selain untuk kesehatan ibu, nutrisi dalam pola makan sehat bumil penting diperhatikan untuk proses tumbuh kembang janin.

Makanan sehat penting untuk memastikan perkembangan janin serta bumil yang sehat. Bumil tidak perlu diet khusus, hanya saja perlu memastikan konsumsi makanan yang lengkap dan kaya gizi. Meskipun ibu hamil akan merasa lebih mudah lapar, menambah porsi makanan seolah-olah memberi makan dua orang (ibu dan janin) pun tidak perlu dilakukan.

Beberapa jenis makanan yang diperlukan bumil di antaranya adalah roti, nasi, kentang, atau pasta sebagai makanan dasar atau sumber karbohidrat. Makanan ini akan membantu mengenyangkan tanpa memasukkan terlalu banyak kalori.

Selain itu, tambahkan pula porsi buah dan sayuran yang berisi vitamin, mineral, dan serat penting dibandingkan makanan tinggi lemak dan kalori. Jenis makanan ini juga akan membantu mengurangi sembelit. Menurut American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG) dilansir dari Livescience, bumil pun juga akan membutuhkan lebih banyak kalsium, asam folat, zat besi, dan protein daripada perempuan yang tidak hamil,.

Asam folat banyak ditemukan di dalam vitamin B (vitamin B9). Asam folat sangat penting dalam membantu mencegah cacat lahir pada otak dan sumsum tulang belakang bayi yang dikenal dengan cacat tabung saraf. Asam folat bisa didapat dari sayuran berdaun hijau, sereal yang diperkaya kandungan asam folat, roti dan pasta, serta kacang-kacangan dan buah jeruk.

Sementara kalsium merupakan mineral yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang dan gigi bayi. Jika seorang bumil tidak mengonsumsi cukup kalsium, mineral akan diambil dari simpanan kalsium di dalam tulang ibu dan diberikan kepada bayi untuk memenuhi kebutuhan ekstra kehamilan. Banyak produk susu juga diperkaya dengan vitamin D, nutrisi lain yang bekerja dengan kalsium untuk mengembangkan tulang dan gigi bayi.

Susu dan sejenisnya seperti keju dan yoghurt mengandung banyak kalsium dan zat gizi lain yang penting bagi ibu dan bayi. Bumil bisa memilih produk susu yang bersifat rendah lemak seperti susu skim atau yogurt rendah lemak.

Untuk zat besi atau iron, ibu hamil membutuhkan 27 miligram zat besi sehari, yang merupakan dua kali lipat dari jumlah yang dibutuhkan oleh perempuan yang tidak hamil. Jumlah tambahan mineral ini dibutuhkan untuk membuat lebih banyak darah untuk memasok bayi dengan oksigen. Bumil yang kekurangan zat besi bisa mengalami anemia, suatu kondisi yang mengakibatkan kelelahan dan peningkatan risiko infeksi pada kehamilan.

Demi meningkatkan penyerapan zat besi, pola makan sehat bumil harus menyertakan sumber vitamin C yang baik dengan makanan yang mengandung makanan kaya zat besi. Misalnya, minum segelas jus jeruk saat sarapan dengan sereal yang diperkaya zat besi. Adapun sumber zat besi yang perlu dikonsumsi ibu hamil adalah daging tanpa lemak, unggas, ikan, kacang kering dan kacang polong.

Selain itu, protein juga penting untuk dikonsumsi ibu hamil untuk membangun otak dan jantung pada janin. Daging, telur, dan beberapa porsi ikan merupakan sumber protein. Kacang dan tahu juga merupakan sumber protein yang baik. Pastikan semua makanan ini dalam kondisi matang seluruhnya.

Kebanyakan ibu hamil tidak perlu memperbanyak kalori tambahan selama enam bulan awal kehamilan. Sedangkan pada tiga sampai empat bulan akhir tambahkan 200 kalori setiap harinya.


Selain itu, hindari atau sebisa mungkin kurangi minuman yang terlalu manis dengan banyak gula dan beberapa makanan manis atau tinggi lemak seperti coklat, es krim, puding, kue, dan sejenisnya karena dapat meningkatkan berat badan berlebihan.

Konsultasikan gangguan kesehatan Anda pada dokter yang ahli di bidangnya. Untuk informasi lebih lanjut pelayanan Rumah Sakit Al-Irsyad Surabaya, dapat menghubungi 03199091800/03199091700 atau WhatsApp 081216514916 (chat only).

Pendaftaran pasien secara online melalui website dapat dilakukan di sini atau melalui aplikasi Pendaftaran Online RS Al Irsyad Surabaya yang dapat diunduh terlebih dahulu di http://bit.ly/mobileapprsalirsyad. (nin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat