Mengetahui Gambaran Tindakan Perawatan Gigi Selama Pandemi COVID-19 dalam Bincang Medika RS Al Irsyad Surabaya

Rsalirsyadsurabaya.co.id – Merawat gigi bukan hanya tentang menjaga kebersihan gigi saja, tetapi juga harus memperhatikan susunan dan bentuk gigi, sehingga memerlukan tindakan perawatan gigi dengan dokter gigi yang ahli di bidangnya. Akan tetapi, di masa pandemi ini masih banyak orang yang ragu untuk kembali datang ke rumah sakit.

Gigi merupakan organ tubuh yang sangat kompleks, karena tidak hanya menunjang kualitas asupan, namun juga menunjang penampilan seseorang. Selain itu, kesehatan tubuh seseorang juga dapat dilihat dari kesehatan rongga mulut dan gigi. Dengan demikian, menjaga dan merawat kesehatan gigi sangat penting dilakukan tiap orang.

Apalagi di masa pandemi saat ini, kesehatan mulut dan gigi harus tetap terjaga, sebab mulut dan gigi juga merupakan jalan masuk virus dan bakteri. Terkait keraguan masyarakat untuk kembali datang ke dokter gigi, Dokter Spesialis Gigi Ortodonti RS Al Irsyad Surabaya, drg Lila Muntadir Sp. Ort menyampaikan gambaran tindakan perawatan gigi yang dilakukan selama pandemi dalam Bincang Medika bersama Radio Suara Muslim Surabaya pada Sabtu (29/5).

“Di masa pandemi ini, kesehatan mulut tetap harus dijaga, dan rumah sakit telah menyiapkan diri selama pandemi agar siap memberikan pelayanan yang terbaik, khususnya untuk poli gigi,” ujarnya.

Ia pun menjelaskan bahwa sebelum adanya pandemi COVID-19, poli gigi di RS Al Irsyad Surabaya sudah memiliki 4 dental unit, yang terdiri atas 2 dental unit untuk dokter umum, dan 2 dental unit untuk dokter spesialis.

Selain itu, poli gigi juga dilengkapi oleh tim medis sebanyak 13 dokter gigi, terdiri atas 3 dokter gigi umum, 2 spesialis bedah mulut, 2 spesialis konservasi gigi, 2 spesialis kesehatan gigi anak, 2 spesialis gigi tiruan dan 1 spesialis ortodontis, serta 1 spesialis periodontis.

“Kemudian ada 6 suster yang membantu sehingga dapat melakukan pelayanan yang terbaik untuk pasien,” imbuhnya.

Ketika pandemi, Lila memaparkan, jika RS Al Irsyad telah mengubah beberapa peraturan dengan sangat detail terkait ruangan pada poli gigi. Hal ini dilakukan agar masyarakat tak perlu khawatir berkunjung ke RS.

Misalnya, dengan menyiapkan ruangan yang memiliki sekat-sekat untuk menjaga keamanan, pemberian disinfektan tiap pergantian pasien, hingga pengurangan kuota pasien. Selain itu, setiap dokter gigi juga dianjurkan untuk menggunakan perlengkapan APD level 3 dan semua tenaga kesehatan di RS Al Irsyad Surabaya pun telah melakukan vaksinasi COVID-19.

“Pada saat pasien melakukan perawatan gigi, maka pasien akan dicek suhu badan dan dianjurkan untuk cuci tangan atau pemberian handsanitizer sebelum memasuki ruangan, serta ada telemedis. Kemudian pasien juga dianjurkan kumur dengan larutan hydrogen peroksida, sehingga tetap aman selama menjalani perawatan,” jelasnya.

Untuk itu, masyarakat yang ingin datang memeriksakan kondisi gigi untuk menjaga kesehatan gigi tak perlu khawatir datang ke poli gigi RS Al Irsyad Surabaya, karena protokol kesehatan yang ketat telah diterapkan dengan baik sehingga memberikan rasa aman dan nyaman bagi pasien.

Konsultasikan gangguan kesehatan Anda pada dokter yang ahli di bidangnya. Untuk informasi lebih lanjut pelayanan Rumah Sakit Al-Irsyad Surabaya, dapat menghubungi 03199091800/03199091700 atau WhatsApp 081216514916 (chat only).

Pendaftaran pasien secara online melalui website dapat dilakukan di sini atau melalui aplikasi Pendaftaran Online RS Al Irsyad Surabaya yang dapat diunduh terlebih dahulu di http://bit.ly/mobileapprsalirsyad. (Gth)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat