Mengetahui Berbagai Manfaat Sayur Bayam Bagi Bayi

Rs-alirsyadsurabaya.co.id – Segala jenis sayur selalu memiliki beraneka nutrisi dan gizi baik di dalamnya, termasuk sayur bayam yang juga kaya akan nutrisi baik yang bermanfaat untuk bayi.

Bayam ternyata mempunyai kandungan vitamin A, C, asam folat, asam pantotenat, dan niasin. Sayuran hijau ini pun mengandung mineral yang berperan penting dalam tubuh, seperti potasium, fosfor, magnesium, kalsium, dan zat besi.

Dengan banyaknya kandungan nutrisi pada bayam, maka tidak ada salahnya bila orang tua mulai memperkenalkan sang buah hati untuk mengonsumsi bayam. 

Hal itu karena zat besi yang terdapat dalam bayam merupakan nutrisi yang dibutuhkan untuk perkembangan otak, sel saraf, dan sel darah merah bayi.

Namun sebelum diberikan kepada bayi, orang tua perlu memperhatikan kebersihan bayam, sehingga bayam harus dibersihkan dengan air bersih terlebih dahulu.

Bayam yang baik untuk bayi sebaiknya dikukus hingga lunak kemudian tiriskan. Setelahnya, masukkan ke dalam blender atau food processor dan haluskan bayam hingga menjadi bubur.

Bubur bayam tersebut baik untuk bayi berusia di atas 6 bulan, ketika bayi menerima Makanan Pendukung Air Susu Ibu (MPASI). 

Selain itu, menurut Ahli Gizi RS Al Irsyad Surabaya, Nur Ulfah, A.Md.Gz berikut berbagai manfaat bayam sebagai asupan bergizi untuk bayi:

Laksatif Alami

Manfaat bayam yang pertama adalah sebagai laktasif alami untuk bayi. Hal itu karena bayam mengandung 2,2 gram serat dari 100 gram bayam. Serat ini dapat membantu menyehatkan pencernaan dengan baik.

Bayam juga mampu menyerap air dan membantu merangsang gerak usus. Hal ini dapat membantu mengatasi konstipasi yang kerap dialami bayi.

Baik untuk Tulang

Tak hanya susu, asupan bayam juga dapat membantu menguatkan tulang bayi. Dengan begitu, bayam bisa menjadi pelengkap asupan kalsium untuk bayi.

Atasi Gangguan Pencernaan

Seperti yang sudah disampaikan poin pertama, bahwa bayam memiliki kandungan serat yang banyak sehingga baik untuk atasi gangguan pencernaan pada bayi.

Pencernaan bayi belum sekuat orang dewasa. Tak ayal, masalah pencernaan kerap jadi persoalan bagi bayi. Namun, tak perlu khawatir, orang tua dapat mengandalkan bayam dengan kandungan seratnya yang tinggi.

Tingkatkan Imunitas

Multivitamin umumnya dibutuhkan untuk membangun kekebalan tubuh. Namun, tak sembarang multivitamin bisa diberikan pada bayi.

Sebagai penggantinya, orang tua bisa memberikan multivitamin alami untuk si buah hati yang bisa diperoleh dari bayam. Bayam mengandung banyak vitamin termasuk vitamin C yang dapat melindungi tubuh dari serangan penyakit.

Hidrasi

Bayam secara alami mengandung 90 persen air, dengan begitu dapat menjadi penambah asupan cairan pada bayi sehingga bayi tak perlu mengalami hidrasi akibat kekurangan cairan. Akan tetapi asupan cairan selain padda bayam juga dibutuhkan tubuh bayi. 

Untuk mendapatkan manfaat dari bayam yang maksimal, Ulfah pun menyampaikan beberapa tips, yaitu sebagai berikut:

  1. Pilih bayam dalam keadaan masih segar
  2. Cuci bersih bayam sebelum dimasak jika siap diolah. Caranya rendam bayam dalam wadah yang sudah diisi air, kemudian usap permukaan bayam seluruhnya, dan ditiriskan.
  3. Jika tidak langsung diproses, sebaiknya simpan dalam tempat atau wadah yang bersih, serta kedap udara dan disimpan dalam kulkas
  4. Peralatan yang digunakan untuk memasak juga harus bersih dan terbebas dari bakteri
  5. Perhatikan juga waktu, suhu, dan cairan yang digunakan dalam memasak, karena jika terlalu lama waktunya, tinggi suhunya, dan banyaknya cairan akan menghilangkan nutrisi yang terkandung pada bayam.

“Dengan demikan kita akan tetep mendapatkan manfaat dari bayam secara maksimal,” tutupnya. (Gth)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat