Mengenal PRICE: Pertolongan Pertama Saat Cedera Olahraga

Rs-alirsyadsurabaya.co.id-Olahraga yang tidak dilakukan dengan benar, rentan membuat seseorang cedera. Pertolongan pertama yang dapat dilakukan untuk mengatasi cedera bisa menggunakan metode PRICE.

Sering kali, orang akan mulai panik apabila terjadi cedera. Pengobatan alternatif dan pijat pun menjadi salah satu tempat tujuan penyembuhan. Padahal kesalahan pengobatan dapat berakibat fatal pada cedera, sehingga perlunya berhati-hati.

Dr. dr Dwikora Novembri Utomo, Sp.OT (K) FICS, Dokter Spesialis Ortopedi Rumah Sakit (RS) Al Irsyad Surabaya menuturkan PRICE merupakan pertolongan pertama yang harus dilakukan oleh seseorang.

“Pertolongan pertama secara umum dulu RICE sekarang jadi PRICE (Protection, Rest, Icing, Compression, dan Elevation. Kalau cedera sebainya mencari posisi yang paling nyaman dan jangan dipakai lagi agar cedera tidak semakin parah,” ungkap Ketua Arthroplasty dan Sport Injury Center RS Al Irsyad.

Dr. Dwikora menambahkan, memang ada beberapa kontroversi terkait Icing, ada yang menyarankan boleh namun ada yang melarang juga. “Boleh pakai es, tapi tidak boleh langsung diberikan, harus diberi kain terlebih dahulu dan tunggu beberapa menit sebelum melakukannya,” tambahnya.

Berikut ini penjelasan terkait metode PRICE yang disarankan oleh dr. Dwikora:

Protection (Perlindungan)

Yang pertama dilakukan adalah melindungi daerah yang mengalami cedera. Jangan sampai terjadi luka lebih parah. Dalam beberapa kasus misalnya pergelangan kaki yang keseleo atau terkilir, pilihlah sepatu yang bida meninggikan dan mendukung kaki. Atau dapat menggunakan penyangga untuk melindungi.

Rest (Istirahat)

Jika sudah mengalami cedera, menurut dr. Dwikora, sebaiknya menghentikan segala aktivitas yang menyebabkan cedera tersebut. Istirahatkan anggota tubuh yang bermasalah. Selain itu, dr Dwikora juga menyarankan untuk pasien menggunakan kruk sebagai alat bantu sambil mengistirahkan kaki yang cedera. 

Icing (Pemberian Es)

Menurut dr. Dwikora, peradangan bersifat panas dan menimbulkan bengkak sehingga perlu pendinginan untuk mengurangi radang tersebut. hindari penggunaan balsam karena akan semakin panas, sehingga sebaiknya tempelkan es yang telah dibalut plastik atau kain bersih tepat pada area cedera.

Pemberian es ini sebaiknya dilakukan selama lima menit dalam jenjang waktu mepat jam sekali.

Compression (Menekan)

Metode menekan ini harus dilakukan dengan lembut pada bagian cedera, jangan diurut karena bagian sekitarnya akan mengalami trauma. Dan jangan pula ditarik-tarik, cukup tekan dengan lembut dan perlahan.

Elevation (Pengangkatan)

Dalam kondisi ini, organ tubuh yang mengalami cedera harus diangkat dalam posisi yang lebih tinggi dari jantung agar bengkak yang muncul segera hilang. Jika cedera di kaki, gantungkan kaki di tembok sehingga bengkak cepat sembuh. 

Itulah metode PRICE, pertolongan pertama yang disarankan oleh dr. Dwikora apabila seseorang mengalami cedera. Akan tetapi bila cedera masih berlanjut selama tiga minggu atau lebih, sebaiknya segera pergi ke dokter untuk diperiksa lebih mendalam. (Gth)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat