Mengenal Prenatal Gentle Yoga dalam Senam Hamil RS Al-Irsyad Surabaya

Rs-alirsyadsurabaya.co.id-Sejak banyak selebriti yang mempopulerkan  metode melahirkan gentle birth, tips melahirkan gentle birth pun semakin banyak dicari oleh para bumil. Salah satunya adalah dengan prenatal gentle yoga, yang kemudian menjadi metode yoga dalam senam hamil di RS Al-Irsyad Surabaya.

Untuk mencapai proses persalinan yang gentle atau lembut serta alami, selain melakukan latihan seperti mindfullnes, womb breathing (pranayama), healing trauma, dan relaksasi, melakukan mind and body balance adalah sesuatu yang tidak kalah penting.

Banyak sekali perubahan yang terjadi selama proses kehamilan dan persalinan. Dan seringkali, seorang ibu mengabaikan hal ini. Sehingga ketika tubuh melakukan perubahan, maka yang terjadi adalah muncul keluhan-keluhan yang mungkin sebenarnya bisa dicegah jika tubuh seimbang dan mengerti, serta siap akan perubahan-perubahan tersebut.

Oleh karena itu, prenatal gentle yoga hadir menjadi metode senam hamil di RS Al-Irsyad Surabaya.

Prenatal gentle yoga merupakan yoga yang bermanfaat membantu para ibu belajar untuk bernapas dalam-dalam dan rileks, di mana hal itu akan berguna bagi ibu saat menghadapi tuntutan fisik selama masa kehamilan dan persalinan. Karena salah satu hal utama yang dipelajari di kelas yoga adalah bagaimana bernapas dengan baik. 

Manfaat yoga, disampaikan Lailatus Sa‘ada’, Amd.Kep. selaku instruktur senam hamil prenatal gentle yoga tersertifikasi RS Al-Irsyad, tidak terbatas pada kesejahteraan fisik saja.

“Mengikuti kelas prenatal gentle yoga juga jadi cara yang bagus untuk bertemu perempuan hamil lainnya untuk saling sharing,” ungkap instruktur yang akrab disapa Lala ini.

“Karena dengan berada di lingkungan yang positif dan mendukung, juga dapat memberikan dorongan emosional dan membuat ibu termotivasi untuk terus berolahraga,” imbuh Lala.

Zaman dahulu, senam hamil atau yoga memang tidak pernah dilakukan oleh nenek moyang selama hamil, namun proses persalinan mereka tetap akan lancar.

Dan selama kehamilan, mereka juga mungkin tidak banyak mengalami banyak keluhan. Namun mengapa di zaman sekarang, justru ada saja keluhan-keluhan yang dikeluhkan oleh para ibu hamil sehingga perlu repot-repot mengikuti senam hamil?

Tentunya pada zaman dahulu, tubuh mereka sudah lebih siap dibanding perempuan di zaman sekarang. Dulunya, setiap hari, para perempuan bangun pukul empat pagi, lalu berjalan dengan telanjang kaki di jalanan yang berbatu sepanjang minimal satu kilometer untuk pergi ke pasar. 

Hal tersebut tentunya berbeda dengan perempuan pada zaman sekarang. Jangankan berjalan satu kilo, berjalan 100 meter saja lebih sering menggunakan motor atau mobil.

Oleh karena itu, tubuh nya siap? Karenanya, sangat perlu dan wajib menyiapkan dan menyeimbangkan tubuh demi mempersiapkan persalinan yang lancar, dan yoga menjadi salah satu cara terbaik untuk ini. (nin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat