Mengenal Pengobatan Anemia

Rs-alirsyadsurabaya.co.id– Anemia adalah  suatu kondisi ketika tubuh kekurangan sel darah yang mengandung hemoglobin untuk menyebarkan oksigen ke seluruh organ tubuh. Sehingga membuat penderitanya mudah lelah. Untuk mengatasinya, konsumsi daging, bayam dan merutinkan olahraga ringan adalah cara terbaik yang dapat dilakukan.

Konsumsi Daging dan Bayam

Sayuran berdaun hijau seperti bayam pun merupakan obat yang baik untuk mengobati anemia. Dikutip dari Health Me Up, bayam merupakan sumber zat besi yang baik bersamaan dengan vitamin B12 dan asam folat. Nutrisi inilah yang dapat membantu seseorang untuk mengurangi gejala yang berhubungan dengan anemia.

Kemudian daging juga dapat menjadi pilihan bagi penderita anemia. Hal ini dijelaskan oleh Ketua Perhimpunan Dokter Gizi Medik Indonesia (PDGMI), Prof. Dr. Endang L. Achadi yang dilansir dari Kompas. Menurutnya, zat besi terutama terkandung pada sumber makanan hewani yang mengandung banyak protein, seperti daging-dagingan, hati ayam dan sapi. Sebab, zat besi dialirkan ke seluruh tubuh digandeng oleh protein.

Olahraga Ringan

Spesialis dokter kesehatan olahraga dr.Michael Triangto, Sp.KO mengatakan selain memperbaiki pola makan lebih bernutrisi dan banyak mengandung zat besi, aktif bergerak juga bisa meningkatkan kebugaran tubuh dan memperlancar aliran darah sehingga gejala anemia bisa berkurang.

“Olahraga bisa meningkatkan efisiensi tubuh untuk mengikat oksigen lebih baik. Jenis olahraga sebaiknya kardio, bisa bersepeda, berenang, atau yang paling mudah jalan cepat,” ujarnya dalam Kompas.

Ia juga memperkenalkan anemiaction atau senam untuk mengatasi anemia. Gerakannya mencakup peregangan bawah, tengah, dan atas. Gabungan gerakan senam anemiaction ini akan meningkatkan mitokondria yang merupakan generator sel pada tubuh manusia.

Michael menambahkan, karena orang yang menderita anemia cenderung sering mengalami kelelahan, disarankan melakukan olahraga yang ringan dan gerakannya berulang-ulang. Selain itu, orang yang sedang anemia tidak disarankan berolahraga berat.

Yang demikian ditujukan agar tubuh menjadi lebih bugar dan memperlancar aliran darah, sehingga risiko anemia bisa dikendalikan dan produktivitas tetap terjaga. Jika ada keluhan tentang kesehatan, konsultasikan kepada dokter-dokter spesialis terbaik di RS Al Irsyad Surabaya. Dengan senang hati Kami akan membantu permasalahan kesehatan Anda. (Din)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat