Mengenal Metode Persalinan ERACS yang Kini Diminati, Pasca Operasi Bisa Beraktivitas Normal

Rsalirsyadsurabaya.co.id –  Metode persalinan ERACS kini menjadi ramai diperbincangkan lantaran banyak artis yang melahirkan menggunakan metode tersebut. Dengan metode ini memungkinkan proses kelahiran lebih nyaman dengan minim rasa nyeri dan pemulihan lebih cepat daripada operasi sesar biasa.

Dokter Spesialis Kebidanan RS Al Irsyad Surabaya, dr. Pandu Hanindito, Sp.OG menyampaikan bahwa ERACS merupakan singkatan dari dari Enhanced Recovery After Cesarean Section sekaligus merupakan perkembangan dari metode ERAS (Early Recovery After Surgery) yang dikembangkan oleh dokter bedah dan dokter anestesi.

Metode ERAS ini awalnya digunakan pada operasi bedah digestif. Konsep ERAS ini terbukti mengurangi lama rawat pasien di rumah sakit, mengurangi komplikasi pasca operatif, dan meningkatkan kepuasan pasien.

Oleh karena itu konsep ERAS ini kemudian dikembangkan untuk tindakan operasi di bidang lain salah satunya di bagian kebidanan, yaitu pada operasi sesar.

Berdasarkan penelitian ternyata ditemukan bahwa pasien-pasien yang melakukan persiapan pra operasi yang optimal, mendapatkan terapi anti nyeri yang memadai, dan melakukan mobilisasi.

“Dengan begitu setelah operasi pasien dapat mengalami penyembuhan luka yang lebih baik, tidak merasakan nyeri, dan kembali ke aktivitas lebih cepat,” ujarnya.

Setiap tindakan operasi memang pasti akan memunculkan rasa nyeri, namun dengan metode ERACS dapat meminimalisir nyeri tersebut.

Sehingga, ibu setelah melahirkan pun bisa beraktifitas normal segera setalah operasi. Seperti berjalan ke kamar mandi, menyusui si kecil, serta duduk dengan nyaman.

Oleh sebab itu, metode ERACS mewujudkan impian para ibu hamil, karena selain nyaman dan minim rasa nyeri, metode ERACS ini juga memungkinkan pemulihan yang lebih cepat.

Sehingga ibu usai melahirkan bisa menyusui bayinya dengan posisi yang nyaman, bonding dengan bayi juga menjadi lebih baik, bahkan ibu bisa mengerjakan aktivitas kesehariannya dengan lebih cepat, dan bisa pulang ke rumah dalam rentang waktu yang lebih singkat dibandingkan dengan melahirkan dengan cara sesar biasa.

Meski demikian, ada beberapa komplikasi dari metode persalinan ERACS yang pelru diperhatikan, perdarahan, pusing, muntah. Namun beberapa pasien dengan metode ERACS justru merasa nyaman karena bisa pulih lebih cepat. (Gth)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat