Mengembalikan Indra Perasa Pasca Sembuh dari COVID-19

Rsalirsyadsurabaya.co.id – Pasca sembuh dari COVID-19, beberapa pasien mengakui masih mengalami penurunan fungsi indra perasa. Agar kembali berfungsi optimal, ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

Hilangnya indra perasa pada penyintas COVID-19 erat kaitannya dengan indra penciuman. Biasanya, kedua gejala ini akan terjadi bersamaan. Tidak hanya COVID-19, ada juga penyebab lain yang bisa menyebabkan hilangnya indra perasa. Penyebab lainnya adalah flu, sinusitis, dan alergi. 

Normalnya, hilangnya indra perasa seseorang akibat COVID-19 akan sembuh dalam waktu beberapa minggu hingga beberapa bulan. Namun, ada beberapa cara, seperti dilansir dari National Health Service United Kingdom, yang dipercaya bisa mempercepat mengembalikan indra perasa. 

Mencuci hidung 

Mencuci hidung atau nasal irrigation adalah cara untuk membersihkan saluran hidung. Prosedur ini bisa dilakukan dengan mudah di rumah menggunakan larutan garam atau cairan saline. 

Nasal spray 

Serupa dengan prosedur mencuci hidung, namun kali ini yang disemprotkan adalah obat steroid dan hanya disemprotkan dalam jumlah yang sedikit. Prosedur ini bisa dilakan jika Anda memiliki sinusitis dan polip nasal. 

Mengonsumsi bawang putih 

Bawang putih memiliki efek antivirus dan meningkatkan imun seseorang. Bawang putih mampu meredakan inflamasi di sekitar jalur napas dan rongga mulut, sehingga dianggap merupakan cara mengembalikan indra perasa yang hilang. 

Mengonsumsi cabai 

Cabai memiliki kandungan capsaicin dan vitamin C yang dipercaya mampu meredakan inflamasi, serta meningkatkan imunitas tubuh. Kedua manfaat ini akan membantu tubuh agar lebih cepat kembali pulih setelah terkena COVID-19. 

Menjaga kebersihan gigi dan mulut 

Menjaga kebersihan gigi dan mulut sangat penting untuk kesehatan. Cara menjaga kebersihan gigi dan mulut yang bisa Anda lakukan dari rumah adalah menyikat gigi, menggunakan benang gigi, dan menggunakan obat kumur. 

Namun, penelitian lebih lanjut mengenai gejala COVID-19 yang masih tersisa bahkan setelah dinyatakan negatif, masih sangat sedikit. Termasuk mengenai cara mengembalikan indra perasa yang hilang. Belum ada cara pasti yang benar-benar menghilangkan semua gejala COVID-19. Yang terpenting adalah senantiasa menjaga kesehatan tubuh serta menerapkan protokol kesehatan.

Konsultasikan gangguan kesehatan Anda pada dokter yang ahli di bidangnya. Untuk informasi lebih lanjut pelayanan Rumah Sakit Al-Irsyad Surabaya, dapat menghubungi 03199091800/03199091700 atau WhatsApp 081216514916 (chat only).

Pendaftaran pasien secara online melalui website dapat dilakukan di sini atau melalui aplikasi Pendaftaran Online RS Al Irsyad Surabaya yang dapat diunduh terlebih dahulu di http://bit.ly/mobileapprsalirsyad. (ipw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat