Mengatasi Sakit Kepala dengan Cara Alami

Rs-alirsyadsurabaya.co.id-  Sakit kepala yang datang tiba-tiba pasti akan menghambat aktivitas harian kita. Kebiasaan langsung meminum obat adalah suatu kebiasaan yang kurang baik, bahkan bisa membahayakan jika dilakukan terus-menerus. Untuk meredakannya, ada hal yang lebih dianjurkan dan lebih aman. 

Langsung meminum obat sakit kepala tanpa berkonsultasi dengan dokter, seperti berperang tanpa tahu siapa musuhnya. Alih-alih menjadi sembuh, kondisinya bisa lebih parah. Berikut beberapa hal dilansir dari kompas yang dapat dilakukan untuk meredakan sakit kepala secara alami sebelum anda berkonsultasi dengan dokter terkait keluhan sakit kepala tersebut agar tidak mengganggu aktivitas harian Anda.

Minum Teh Jahe

Dalam studi yang dilakukan oleh Brigham Young university dan Mount Union College, Ohio, mengungkapkan bahwa jahe memiliki beragam manfaat termasuk meredakan sakit kepala. Bahkan disebutkan bahwa bubuk jahe memiliki kandungan yang lebih baik daripada dramamin (obat mual karena vertigo serta kondisi lainnya).

Dalam hal ini cobalah mencampurkan setengah sendok teh bubuk jahe ke dalam teh panas anda untuk meredakan sakit kepala yang sedang anda alami. Namun, efeknya baru akan terasa setelah 30 menit anda mengonsumsinya dan bertahan hingga empat jam.

Mengonsumsi Makanan Kaya Vitamin C

Banyak sekali jenis makanan yang memiliki kandungan vitamin C, dan tentunya mudah sekali anda temukan dalam keseharian anda, misalnya buah stroberi, blewah, tomat, brokoli, paprika hijau, ubi jalar, dan sayuran hijau.

Para peneliti menemukan bahwa pasien penderita vertigo dan sakit kepala yang cukup menerima asupan vitamin C  berangsur-angsur membaik dibandingkan dengan pasien yang kekurangan asupan  vitamin C. Seperti itulah penjelasan yang diterbitkan dalam The Journal Acta Oto Laryngonolica tersebut.

Minum Banyak Air Putih

Sakit kepala yang dialami oleh seseorang bisa saja terjadi karena kekurangan cairan dalam tubuh. Ada banyak faktor penyebabnya, misalnya karena terlalu banyak mengonsumsi kafein. Untuk itu menurut Dr. Donnica More dari Amerika Serikat, seseorang harus tetap menjaga cairan dalam tubuhnya dengan mengonsumsi banyak air putih.

Ia juga menjelaskan bahwa, kekurangan cairan menjadi salah satu faktor penyebab sakit kepala, karena kurangnya cairan dalam tubuh akan memicu turunnya volume darah dalam tubuh, dan tentunya tekanan darah akan ikut turun sehingga menyebabkan sakit kepala.

Namun, jika sakit kepala yang Anda rasakan tidak kunjung membaik setelah melakukan beberapa tips yang telah disebutkan di atas, segera hubungi layanan kesehatan terdekat. Rumah Sakit Al Irsyad Surabaya sudah menyiapkan tenaga kesehatan yang siap membantu Anda untuk menyelesaikan berbagai masalah kesehatan yang dialami. (nsa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat