Mengatasi Kejenuhan Anak Ketika Sekolah di Rumah

Rsalirsyadsurabaya.co.id – Hampir 10 bulan aktivitas belajar anak dilakukan di rumah selama masa pandemi ini. Adapun sejumlah kendala yang ditemui, seperti timbulnya rasa jenuh pada anak. Untuk mengurangi hal itu, orang tua pun dituntut untuk lebih kreatif dalam membangun interaksi dengan anak.

dr. Nurita Alami Dwi Wijayanti, Sp. A, Dokter Spesialis Anak RS Al Irsyad Surabaya menyampaikan bahwa anak-anak akan mengalami kejenuhan seiring berjalannya waktu dengan kondisi yang monoton.

Kejenuhan tersebut, lanjutnya, tentu akan menyebabkan anak rewel bahkan menangis minta keluar. Bila sudah seperti ini, orang tua harus lebih kreatif mencari cara agar anak nyaman berada di dalam rumah. Maka perlu cara untuk mengatasi kejenuhan tersebut.

Interaksi yang baik antara anak dan orang tua diharapkan bisa membuat anak tidak begitu kehilangan interaksi fisik yang biasanya dimiliki di sekolah bersama dengan teman-temannya. Untuk itu, menyediakan waktu akhir pekan untuk aktivitas keluarga pun penting dilakukan orang tua agar dapat mengatasi rasa jenuh tersebut.

“Bisa lakukan memasak bersama, berkebun, jalan-jalan di sekitar rumah dengan tetap tetap menerapkan protokol kesehatan. Selain itu, dalam satu hari sebaiknya ada satu jam yang digunakan untuk mendampingi anak-anak di rumah,” papar dr. Nurita.

Tak hanya meluangkan waktu untuk melakukan hobi anak, orang tua juga dapat membuat jadwal rutinitas yang fleksibel. Fleksibilitas itu misalnya jika orang tua menemui anak-anak mulai tampak gelisah ketika sedang mencoba mengikuti program pembelajaran daring bersama mereka, maka dapat beralih pada opsi yang lebih aktif.

“Membuat jadwal rutinitas yang digemari anak pun juga efektif untuk menghilangkan jenuh. Misalnya jadwal tidur yang konsisten dan waktu bangun konsisten, serta faktor waktu bermain dan waktu untuk membaca. Orang tua juga dapat menggunakan kegiatan sehari-hari sebagai kesempatan belajar untuk anak-anak dengan tetap mempertimbangkan fleksibilitas,” paparnya.

Bahkan penting pula menuruti keinginan anak jika mereka ingin bertemu dengan kawan-kawannya. “Bisa berkunjung ke rumah saudara yang memiliki anak seumuran dengan anak Anda. Tapi tetap mengutamakan kondisi kesehatan keluarga saudara dan Anda. Tetap terapkan protokol kesehatan dalam kunjungan silahturahmi,” tutupnya.

Informasi pelayanan Rumah Sakit Al-Irsyad Surabaya, dapat menghubungi 03199091800/03199091700 atau WhatsApp 081216514916. Untuk pendaftaran pasien, dapat dilakukan di sini. (Gth)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat