Menelisik Manfaat Kesehatan Makan Sambil Duduk

Rs-alirsyadsurabaya.com-Makan baiknya dilakukan dalam posisi duduk, hal itu merupakan anjuran Islam, karena terdapat berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Namun seringkali banyak orang yang masih makan sambil berdiri, berjalan, atau melakukan aktivitas lainnya.

Padahal, jika makan tidak dengan duduk, apalagi dengan terburu-buru. dapat memicu beberapa gangguan pencernaan. Misalnya menyebabkan asam lambung naik, perut kembung, peningkatan aktivitas kandung kemih, dan mual. Selain itu juga dapat memiliki kecenderungan untuk makan berlebihan.

Posisi makan dalam keadaan duduk sebenarnya juga merupakan bentuk latihan yoga. Duduk ke bawah melibatkan peregangan kaki atau jongkok dan membungkuk untuk mengambil makanan. Gerakan semacam ini menguntungkan kerja otot perut untuk mengeluarkan cairan pencernaan sehingga pencernaan bekerja dengan baik.

Berikut ini adalah manfaat kesehatan makan sambil duduk dikutip dari CNNIndonesia:

Tubuh Lebih Fleksibel

Makan dengan duduk bersila secara teratur dapat membuat tubuh lebih fleksibel dalam jangka panjang. Sama halnya dengan berolahraga, maka otot panggul dan punggung akan meregang sehingga dapat mengurangi rasa sakit, begitu pula dika diterapkan ketika makan sambil duduk.

Berat Badan Lebih Baik

Makan sambil berdiri memiliki efek samping yang dapat membuat seseorang kehilangan kendali atas porsi makan sehingga berpengaruh pada penambahan berat badan. Oleh sebab itu, untuk menjaga berat badan lebih baik alangkah baiknya duduk saat makan, karena akan menambah aktivitas fisik yang dapat mengurangi perut buncit.

Selain itu juga dapat memperbaiki postur tubuh, karena dengan duduk memastikan punggung tetap tegak sehingga tubuh tidak membungkuk.

Memotong Risiko Depresi

Di era digital ini, sering kali ditemui seseorang makan dengan melihat gawai. Namun penggunaan ponsel secara berlebih tersebut dapat merusak kehidupan sosial dan melepaskan dari segala bentuk percakapan sekaligus mendorong tingkat kesepian pada orang yang lebih muda.

Kurangnya komunikasi yang tepat dapat mempengaruhi kesehatan mental, yang sekali lagi memiliki efek buruk pada pencernaan. Oleh karena itu, duduk dan mengobrol di meja makan sangat menyehatkan.

Jantung Lebih Kuat

Manfaat lain dari makan sambil duduk adalah memperbaiki aliran darah dan sirkulasi. Karena tubuh dirancang dengan cara tertentu bahwa ketika duduk posisi jadi lebih fleksibel, jalur sirkulasi darah lebih cair dan akan membuat jantung lebih kuat.

Duduk bersila dapat melemaskan saraf dan mengurangi tekanan di sekitar jantung sehingga memungkinkan pencernaan yang tepat pada tubuh. (Gth)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat