Mencegah Diabetes di Usia Muda

Rs-alirsyadsurabaya.co.id– Salah satu anggapan keliru tentang diabetes adalah tidak menyerang berusia muda. Padahal, gaya hidup seperti  merokok dan pola makan yang buruk adalah beberapa penyebab diabetes terjadi di usia muda. Maka untuk mencegahnya, kita dapat melakukan hal-hal berikut.

Mengubah Pola Makan

Semua tahu bahwa manusia memperoleh berbagai nutrisi dari makanan dan minuman untuk bertahan hidup. Namun, tidak semua makanan atau minuman yang dikonsumsi selalu menyehatkan tubuh. Salah satu penyakit yang disebabkan oleh pola hidup yang buruk adalah diabetes.

Menurut Healthline Dr. Isaac Eliaz, kepala Amitabha Medical Clinic di California, Amerika Serikat mengatakan, “Jika Anda ingin mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2, perubahan pola makan harus menjadi bagian dari strategi, bersamaan dengan olahraga dan mengatur stres.”

Jenis makanan dan minuman yang harus dihindari adalah minuman yang menaikkan kadar gula darah dan memengaruhi asupan kebutuhan kalori harian. Seperti minuman bersoda, minuman berenergi, alkohol, makanan berkarbohidrat tinggi seperti nasi dengan jumlah berlebih, dan sebagainya.

Khususnya minuman manis. Pada penelitian Nurses’ Health Study II, sebagaimana dilansir dari hellosehat, wanita yang minum satu atau lebih minuman manis dalam sehari mempunyai risiko diabetes  tipe 2 83% lebih tinggi dibandingkan dengan wanita yang mengonsumsi minuman manis kurang dari satu kali dalam sebulan.

Menjaga Berat Badan Ideal

Salah satu cara mencegah diabetes adalah menghindari obesitas. Salah satu penyebab obesitas datang dari makanan dan minuman manis yang berlebih. Inilah mengapa minuman manis dapat meningkatkan risiko diabetes, adalah karena berhubungan dengan kenaikan berat badan.

Penelitian yang dilakukan Nurses’ Health Study II dan The Black Women’s Health Study, dikutip dari hellosehat menunjukkan bahwa wanita yang banyak mengonsumsi minuman manis mengalami kenaikan berat badan lebih banyak daripada wanita yang membatasi minuman manis.

Banyak Gerak

Pakar Ilmu Kedokteran Olahraga, Muchsin Doewes mengatakan penyakit diabetes dapat dikendalikan salah satunya dengan banyak gerak.

Muchsin menekankan, pola makan dan pola olahraga sangat penting dalam mengendalikan kadar gula dalam tubuh.

“Pola gerak harus tetap dijaga misalnya dengan jalan, renang dan olah raga ringan lainnya seperti bersepeda,” ujarnya dalam Republika.

Kemudian B Hatipoglu, MD, seorang ahli endokrinologi di Klinik Cleveland menimpali bahwa dengan berkeringat, gula darah akan menurun signifikan.

“Berkeringat adalah kunci dalam menurunkan gula darah, bahkan olahraga ringan dapat menyebabkan otot untuk menyedot glukosa pada 20 kali tingkat normal,” kata dia seperti dilansir dari MSNHealth. (Din)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat