Menakar Porsi Ideal Nasi Putih Sekali Makan yang Baik Bagi Kesehatan

Rsalirsyadsurabaya.co.id – Nasi putih menjadi makanan pokok sebagian besar masyarakat Indonesia. Akan tetapi, banyak penilaian yang menganggap bahwa nasi putih tidak sehat bila dikonsumsi tak sesuai porsi yang baik. Untuk itu, perlunya menakar porsi ideal nasi putih yang baik bagi kesehatan.

Ketika mengonsumsi nasi, banyak orang yang mengandalkan insting dalam menakar jumlah nasi yang akan disantap. Tak ada panduan yang digunakan orang-orang ketika hendak menaruh nasi di piring atau mangkuk.

Apabila kebiasaan tersebut terus dilakukan, maka akan berisiko pada kondisi kesehatan yang dapat memburuk. Sehingga penting bagi tiap orang untuk menakar nasi putih yang akan disantap agar bermanfaat bagi tubuh.

Pentingnya Menakar Makanan

Menakar makanan biasanya baru penting dilakukan untuk membantu seseorang yang ingin mempertahankan berat badan ideal. Cocok diterapkan bagi mereka yang ingin menaikkan atau menurunkan berat badan.

Namun, memperhatikan ukuran porsi makanan yang akan dikonsumsi sebenarnya merupakan faktor kunci dalam membantu tubuh tetap sehat. Dengan menerapkan pola makan baik tersebut, tentunya akan membantu seseorang terhindar dari beragam penyakit kronis.

Menakar makanan terutama nasi tak perlu repot menggunakan timbangan. Cara paling mudah, dilansir Kompas, adalah dengan menggunakan tangan. Seratus gram nasi kira-kira sama dengan satu kepalan tangan orang dewasa.

Takaran Ideal Nasi

Berikut ini adalah takaran ideal nasi putih sekali makan yang baik dikonsumsi oleh orang dewasa:

  • Jika seorang wanita dan ingin mempertahankan berat badan, dianjurkan makan nasi 104 gram per porsi.
  • Jika seorang perempuan dan ingin menurunkan berat badan, dianjurkan makan 37 gram per porsi.
  • Jika seorang pria dan ingin mempertahankan berat badan, dianjurkan makan 130 gram per porsi.
  • Jika seorang pria dan ingin menurunkan berat badan, dianjurkan makan 50 gram per porsi.
  • Sementara, baik perempuan atau pria dianjurkan untuk tidak makan lebih dari 3 porsi per hari.

Takaran tersebut merujuk pada batas atas rata-rata kebutuhan energi orang dewasa di Indonesia, yakni 2.000 kalori untuk perempuan dan 2.300 kalori untuk pria. Di mana, seorang perempuan dewasa dianjurkan untuk tidak makan nasi lebih dari 400 gram per hari. Sedangkan pria dewasa dianjurkan tidak makan nasi lebih dari 500 gram per hari.

Dengan demikian, baik perempuan maupun pria dibutuhkan sekitar empat sampai lima kepal nasi dalam sehari. Mereka pun dapat membaginya secara strategis, misalnya memulai dengan makan 1,5 kepal nasi di pagi hari, 2 kepal nasi di siang hari, dan 1,5 kepal nasi di malam hari.

Untuk informasi pelayanan Rumah Sakit Al-Irsyad Surabaya, dapat menghubungi 03199091800/03199091700 atau WhatsApp 081216514916. (Gth)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat