Mempersiapkan Tes Biopsi untuk Kanker

Rs-alirsyadsurabaya.co.id – Tes biopsy  merupakan salah satu cara yang tepat untuk melihat secara akurat adanya sel kanker dalam tubuh pasien. Namun, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan seperti dilansir dari hellosehat yang penting untuk diperhatikan agar tes tersebut berjalan dengan baik.

Mendiskusikan Riwayat Penyakit

Ketika pasien telah setuju untuk melakoni tes Biopsi, mendiskusikan riwayat penyakit yang pernah atau sedang diderita tentunya akan sangat bermanfaat bagi kelancaraan tes biopsi yang akan dilakukan oleh tim dokter.

Hal tersebut dikarenakan, tim dokter akan melakukan analisis terhadap berbagai obat baik kimia maupun herbal atau vitamin yang dikonsumsi agar tidak terjadi reaksi negatif terhadap obat-obatan yang akan digunakan pada proses tes Biopsi sehingga tes tersebut dapat berjalan dengan lancar.

Jangan Minum Obat Pengencer Darah Dan Aspirin

Menurut seorang dokter bedah Amerika Serikat, James C. Wittig sebelum melakukan Biopsi sebaiknya pasien menghindari obat-obatan pengencer darah seperti Warfarin dalam kurun waktu satu minggu sebelum dilakukannya biopsi. Sebagai gantinya, berkonsultasi dengan dokter tentang pengganti obat tersebut adalah hal yag tepat.

Berpuasa

Sebelum dilakukan Biopsi biasanya dokter akan meminta pasien untuk berpuasa selama 6-8 jam. Hal ini juga merupakan salah satu persiapan yang tidak boleh ditinggalkan agar dokter tidak menemui kesulitan pada saat proses biopsi sehingga dapat berjalan dengan lancar dan dengan hasil yang akurat.

Melepas Semua Perhiasan

Selain untuk menghindari adanya kemungkinan perhiasan hilang pada saat proses Biopsi berlangsung, melepas perhiasan adalah prosedur wajib yang harus dijalani karena ada kemungkinan perhiasan-perhiasan yang pakai akan berpengaruh pada hasil Biopsi yang akan dijalani.

Berganti Pakaian

Secara umum, pasien akan diminta untuk mengganti pakaian dengan pakaian khusus yang sesuai dengan standar rumah sakit. Biasanya perawat akan membantunya. Itulah beberapa langkah-langkah yang secara umum dapat menjadi referensi mengenai apa saja yang harus anda persiapkan sebelum melakoni Biopsi.

JIka terdapat permasalahan kesehatan, konsultasikanlah dengan dokter-dokter kami di Rumah Sakit (RS) Al Irssyad Surabaya, salah satu RS terbaik di Kota Pahlawan, karena mungkin ada beberapa perbedaan langkah dan persiapan yang berbeda dengan yang telah disebutkan di atas sesuai dengan anjuran dokter Anda. (nsa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat