Manfaat Pijat Bayi Ini, Wajib Diketahui

Rs-alirsyadsurabaya.co.id– Bagi Anda para orangtua, ada baiknya memberi perhatian khusus bagi buah hati dengan pijat bayi. Meski kerap dianggap sepele, namun ternyata manfaatnya luar biasa. Dari mendeteksi kelainan bayi, menambah nafsu makan (atau menyusui) bayi, hingga meningkatkan kinerja sensorik bayi dan kemampuan berinteraksi bayi.

Angga Kurniawan Pratama Amd. Fis, koordinator rehab medik RS Al Irsyad Surabaya menjelaskan bahwa pijat bayi ampuh mengenali kelainan pada bayi. Menurutnya, indikasi bayi mengalami kelainan dapat dilihat dari reaksi fisik sang bayi ketika dipijat.

“Kalau baru disentuh saja dia sudah menangis, maka itu bisa jadi ada kelainan. Selanjutnya kami beritaukan kepada orangtuanya dan kami melanjutkan pijatan pada bayi agar mampu mendeteksi bagian lainnya,” paparnya.

Lebih lanjut ia mengatakan bagian sensitif bayi yang dapat mendeteksi adanya kelainan adalah bagian kaki. “Terutama kaki,” tegasnya.

Menambah Nafsu Makan, hingga Menyembuhkan Gangguan Pernafasan

Selain itu, pijat bayi juga ampuh untuk menambah nafsu makan (atau menyusui) bayi dan menambah berat badan bayi.

Pijat bayi juga penting dilakukan untuk menyembuhkan gangguan saluran pernafasan, bahkan menyembuhkan asma. Serta ampuh menenangkan dan mengurangi frekuensi menangis pada bayi, juga memperlancar pencernaan, serta mengurangi sakit perut, gas dan sembelit.

Meningkatkan Kemampuan Sensorik dan Motorik Bayi

Pijat bayi juga bermanfaat untuk otak buah hati. Alasannya, ketika bayi mendapat pengalaman baru maka akan merangsang lahirnya sel-sel otak baru yang diperlukan bagi tumbuh dan kembang otaknya.

Ketika dipijat bayi juga akan mempelajari variasi berbagai sentuhan, aroma dari minyak pijat, hingga komunikasi pemijat, ataupun orangtua dengan bayi. Stimulasi tersebut lah yang akan menghasilkan mielin, yaitu zat pada otak yang bertanggung jawab untuk mengatur impuls saraf yang berkaitan dengan kemampuan motorik dan sensoris.

“Meski terlihat sederhana, pijat bayi sangat penting untuk tumbuh kembang bayi. Dengan pijat bayi, maka proses tumbuh kembang dapat berjalan cepat. Misalnya, lebih cepat merangkak, lebih cepat berjalan, bayi tidak mudah menangis, lebih mampu berinteraksi, dan sebagainya,” lanjut Angga.

Menurutnya, pijat bayi bisa dilakukan dari umur satu hari hingga sebelum lima tahun. Sedangkan untuk intensitas terbaik, pijat bayi bisa dilakukan dua kali dalam satu bulan.

“Ketika baru lahir pun sebenarnya bisa dipijat,” tegasnya.

Indikasi Perlunya Pijat Bayi

Ada beberapa indikasi diperlukannya pijat bayi, yakni batuk pilek dan susah tidur. Dengan melakukan pijat bayi, batuk dan beberapa keluhan umum pada bayi akan sembuh.

“Indikasi diperlukan pijat bayi antara lain bila sang bayi mengalami batuk, pilek –yang tidak disertai panas—, rewel, dan susah tidur. Namun yang tidak mengalami masalah demikian pun dianjurkan untuk melakukan pijat bayi, agar mampu meningkatkan kemampuan motorik, sensorik, dan mendapat berbagai manfaat kesehatan lainnya bagi bayi,” papar Angga.

Bagi Anda yang ingin melakukan pijat bayi untuk buah hati kini dapat mendapatkannya di RS Al Irsyad Surabaya. Biayanya cukup terjangkau, caranya pun cukup mudah. Yakni dapat mendaftar melalui website www.rs-alirsyadsurabaya.co.id, ataupun melalui whatsapp yang sudah tersedia di website.

“Bisa datang langsung ke RS Al Irsyad juga. Bisa datang hari ini dan langsung reservasi untuk hari ini,” tambahnya.

Selain itu, RS Al Irsyad juga menawarkan harga yang dijamin terjangkau yakni 55 ribu rupiah untuk bayi baru saja lahir sampai dengan 1 tahun, dan 65 ribu rupiah untuk bayi berusia dua tahun ke atas, dengan jam pelayanan pijat bayi pada setiap hari pukul 10:00 hingga pukul 14:00 WIB. (Din)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat