Manfaat Mengonsumsi Ikan, dari Kecerdasan Hingga Mencegah Depresi

Rs-alirsyadsurabaya.co.idDalam sebuah kesempatan, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menyampaikan bahwa ikan adalah rahasia masyarakat Jepang dapat tumbuh cerdas. Nyatanya pun banyak riset yang juga membuktikannya.

“(Konsumsi ikan) Indonesia kalah dengan Jepang yang sudah 80 kg, sementara Indonesia tahun kemaren (2017) 46 kg, tahun ini kita target 50 kg. Jadi kalau kita lihat orang Jepang pinter-pinter jangan heran karena mereka lebih banyak mengonsumsi ikan,” papar Susi dalam okezone.

Dalam banyak pemaparan pakar, ikan memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan otak. Mulai dari meningkatkan kecerdasan, hingga mencegah depresi.

Meningkatkan Kecerdasan

Rutin konsumsi daging ikan dapat meningkatkan kecerdasan bukanlah mitos semata. Pakar nutrisi Rita Ramayulis, DCN, M.Kes, menjelaskan dalam Detik, kandungan nutrisi pada ikan dapat meningkatkan kecerdasan buah hati, juga baik untuk kesehatan jantung.

“Ikan, khususnya ikan salmon terkenal akan kandungan DHA-nya yang tinggi. Selain itu, juga mengandung iodine, protein, selenium, omega 3, berbagai vitamin seperti vitamin A, vitamin D, serta vitamin B12,” papar Rita.

Vitamin A diperlukan bagi kesehatan mata. Vitamin D membantu tubuh dalam menyerap fosfat dan kalsium, sementara vitamin B12 membantu produksi sel-sel darah merah yang dapat mencegah anemia.

Seluruh kandungan nutrisi tersebut dapat membantu menjaga kesehatan anak, meningkatkan kecerdasan anak, dan menjaga kesehatan jantung anak.

“Anak yang rutin mengonsumsi paling tidak 2-3 porsi olahan ikan setiap minggu lebih sanggup berkonsentrasi dibanding anak yang tidak mengonsumsi ikan khususnya salmon,” ungkap Rita, yang kini aktif sebagai pengajar jurusan Gizi di Politeknik Kesehatan Jakarta II.

Mempertajam Ingatan

Manfaat lain mengonsumsi banyak omega-3 yang terkandung dalam ikan adalah mempertajam ingatan terkait usia. Sebuah studi gabungan oleh Rush University Medical Center di AS dan Universitas Wageningen Belanda, dikutip dari Detik, telah mempelajari lebih dari 900 orang dengan usia rata-rata 80-an tahun, dan menemukan bahwa mereka yang makan makanan laut tak cepat mengalami penurunan kognitif.

Mencegah Alzheimer

Alzheimer merupakan penyakit otak degeneratif yang biasanya mempengaruhi orang-orang di atas usia 60. Penyakit ini menyebabkan degenerasi sel otak yang cepat dan menyebabkan kehilangan ingatan, kehilangan koordinasi dan keseimbangan tubuh, dan lainnya.

Studi yang dipublikasikan dalam The Journal of American Medical Association bahwa mengonsumsi ikan secara teratur dapat memperbaiki materi abu-abu otak manusia yang mencegah degenerasi sel otak dengan cepat. Sehingga, hal itu dapat mencegah Alzheimer.

Mencegah Depresi

Depresi adalah penyakit mental yang serius yang sedang naik daun akhir-akhir ini. Oleh karenanya penting untuk menjaga kesehatan mental dan otak anak sejak dini. Biasanya, penyebab depresi adalah perubahan pada zat kimia dan hormon otak, gejala seperti rasa kesedihan yang ekstrem, perasaan rendah sepanjang waktu, kelelahan dan kecenderungan bunuh diri dapat terjadi pada seseorang. 

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di The Journal Of Psychiatry & Neuroscience mengatakan minyak yang ada dalam ikan dapat membantu meningkatkan kadar hormon serotonin di otak yang dapat mengobati dan mengurangi gejala depresi. (Din)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat