Manfaat Luar Biasa Ini Pada Buah yang Disukai Rasulullah

Rs-alirsyadsurabaya.co.id-Tahukah Anda, ternyata buah berwarna merah mengandung manfaat yang luar biasa bagi kesehatan? Bahkan, buah berwarna merah sangat kaya akan antioksidan yang ampuh mencegah penyakit kanker. Salah satu buah berwarna merah tersebut ternyata amat disukai Rasulullah.

Beberapa buah-buahan merah di antaranya adalah cranberry, pome, ceri, jeruk darah, raspberry, stroberi, semangka, apel merah, anggur, jeruk limau gedang, pir merah, tomat, dan sebagainya.

Dari berbagai buah berwarna merah tersebut, Rasulullah menyukai semangka. Hal ini sebagaimana diriwayatkan dari Aisyah, dia berkata, “Sesungguhnya Nabi sering makan semangka disertai ruthab.” (HR.at-Tirmidzy no.1843, dishahihkan oleh al-Albany dalam Shahih at-Tirmidzy no.1843).

Rasulullah biasa makan semangka disertai kurma basah. Sebab dingin dari buah semangka dan sifat panas yang dimiliki kurma bisa menyeimbangkan metabolisme tubuh.

Menurut National Cancer Institute yang dilansir dari laman Boldsky, semangka adalah sumber likopen yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke dengan menurunkan kolesterol jahat. Buah berwarna merah juga ampuh mengurangi risiko kanker prostat dan degenerasi makula.

Kaya Akan Antioksidan

Selain itu, tim dokter dari hellosehat.com mengatakan salah satu nutrisi baik pada buah berwarna merah adalah kaya akan antioksidan. Antioksidan berfungsi untuk menangkal efek dari radikal bebas yang biasanya dapat merusak sel-sel serta jaringan tubuh sehingga menyebabkan penyakit.

Hal inipun didukung oleh dr. Nitish Basant Adnani BMedSc MSc, penulis artikel kesehatan di KlikDokter. Menurutnya, dengan mengonsumsi antioksidan dalam jumlah yang seimbang, tubuh akan terlindungi dari dampak negatif zat oksidan. Beberapa di antara zat oksidan adalah polusi udara, asap rokok, alkohol, dan berbagai hal lainnya.

“Hal ini baik bagi berbagai sel tubuh. Kebaikan ini termasuk dalam mencegah terjadinya peradangan pada sel kulit, sel saluran pencernaan, sel saluran pernapasan,” imbuh dokter lulusan University of Melbourne ini.

Mengandung Vitamin C

Buah berwarna merah kaya akan kandungan vitamin C, salah satunya ada pada stroberi. Menurut dr. Tania Savitri dalam hellosehat, setengah gelas (125 ml) stroberi mengandung 52 mg vitamin C. Sedikit di bawah kandungan vitamin C dalam jeruk, tetapi stroberi tetap mempunyai manfaat banyak bagi tubuh.Sedangkan vitamin C dapat mengurangi risiko kanker, masalah jantung, asam urat, meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh dan menurunkan kolestrol jahat. Selain itu, Vitamin C juga bermanfaat sebagai pembangkit antioksidan. (Din)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat