Makanan Berkarbo Ini Aman untuk Diet

Rs-alirsyadsurabaya.co.idSebagian masyarakat merasa, diet adalah mengurangi karbohidrat sebanyak-banyaknya. Hal ini tidak sepenuhnya benar, karena karbohidrat sangat dibutuhkan oleh tubuh. Makanan berkarbo berikut ini aman untuk diet.

Nasi Merah

Tim peneliti dari Tufts University, Massachusetts, mengatakan mengganti nasi putih dengan nasi merah dapat membantu menurunkan berat badan dengan cepat.

Hasilnya, kelompok yang makan nasi merah dilaporkan mengalami metabolisme yang lebih cepat sehingga membakar lebih banyak kalori. Sebaliknya, kalori yang terserap juga lebih sedikit, yaitu 92 kalori perhari dibandingkan dengan yang makan nasi putih, seperti dikutip dari Today.

Kentang

Kentang merupakan salah satu sumber karbohidrat yang sudah sering kita ketahui. Mungkin orang sering memakan kentang sebagai lauk, tetapi sebenarnya kentang bisa dijadikan makanan utama Anda.

Bila Anda sedang diet, akan tepat jika mengganti nasi dengan kentang. Kentang memiliki kandungan pati resisten (pati yang tidak dapat tercerna), sehingga bisa membantu menurunkan berat badan. Lebih baik lagi jika memakan kentang bersama dengan kulitnya, karena di dalam kulit kentang terkandung banyak serat yang bermanfaat untuk Anda. Selain itu, kentang juga kaya akan vitamin C dan kalium, sebagaimana yang ditulis oleh tim dari Hellosehat.

Namun, mereka juga menyarankan agar jangan menggoreng kentang. Karena hanya akan menambah asupan lemak Anda, yang justru dapat menyumbang kenaikan berat badan, sehingga menggagalkan diet Anda. Pilih memasak kentang dengan cara dikukus atau direbus.

Yogurt

Ahli gizi Emilia Achmadi mengatakan yogurt seringkali disebut sebagai makanan sempurna. Sebab, hasil fermentasi susu ini memiliki kandungan gizi yang baik, dari lemak hingg protein, namun kalorinya rendah.

“Jadi kalau sebagai ‘meal replacement’ (pengganti makanan) bisa memberikan kepuasan makan yang sama, tapi dengan kalori lebih rendah,” kata Emilia melalui Kompas.

Jamur

Dilansir dari Heat World, sering makan jamur menjanjikan berat badan turun dalam waktu 14 hari saja. Caranya adalah dengan mengganti menu camilan saat makan siang ataupun makan malam dengan menu olahan jamur. Jamur bisa membuat perut terasa kenyang lebih lama dan mencegah orang ngemil berlebihan.

“Jika kita makan jamur dengan lebih banyak, maka lebih rendah makanan berkalori yang akan dikonsumsi sepanjang hari. Karena nutrisi dan serat jamur bisa meningkatkan fungsi usus dan membuat orang merasa lebih puas,” ungkap ahli nutrisi sekaligus pembawa acara kesehatan di London, Jeannette Jackson melalui Detik.

Seperti dijelaskan Jeanette, jamur memiliki kandungan protein yang tinggi, dengan kalori rendah. “Jamur tak cuma membantu turunkan berat badan, sayuran super ini juga bisa menunjang penampilan karena mengandung vitamin B, zat besi dan seng, yang bisa membuat kulit, rambut dan kuku kuat, sehat dan bersinar,” pungkas Jeanette.

Konsultasikan program diet Anda dengan Ahli Gizi RS Al Irsyad Surabaya. Tak hanya itu, RS Al Irsyad Surabaya mempunyai layanan khusus yang terkait dengan masalah obesitas dan diet yang sehat. Selamat mencoba. (Din)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat