Langkah Sederhana Ini Ampuh Usir Batuk

Rs-alirsyadsurabaya.co.id– Musim hujan begini, batuk seperti sudah menjadi penyakit langganan. Jika tak menjaga kesehatan dengan baik, batuk akan semakin parah. Langkah sederhana ini jika dilakukan, ampuh mengusir batuk.

Batuk merupakan salah satu gejala bahwa tubuh terjangkit virus influenza. Gejala ini sebenarnya adalah respon dari tubuh untuk mengeluarkan zat asing dari dalam tenggorokan atau saluran pernapasan.

“Bahkan batuk kecil saja bisa mengganggu,” kata Mark Yoder, MD, asisten profesor paru-paru dan pengobatan gawat darurat di Rush University Medical Center Chicago.

Batuk jika semakin parah bukan hanya mengganggu kesehatan, namun juga aktivitas. Padahal, seorang muslim haruslah menjadi orang-orang yang produktif. Hal ini sesuai dengan sabda dari Allah subhanahu wa ta’ala dalam surat Asy Syarh:7.

Surat tersebut bunyinya, “Maka apabila kamu telah selesai (dari suatu urusan), kerjakanlah urusan yang lain dengan sungguh-sungguh.”

Agar batuk tak semakin parah dan mengganggu aktivitas sehingga membuat diri tidak produktif, langkah sederhana ini dapat dilakukan. Mari kita simak ulasan berikut yang dikutip dari WebMD.

Pastikan Konsumsi Air yang Cukup

Gangguan saluran pernapasan bagian atas seperti flu atau demam akan menimbulkan dahak. Dikatakan oleh Giselle Mosnaim, seorang pakar alergi dan imun tubuh di Rush University bahwa dahak yang berlebihan dapat mengganggu tenggorokan, dan terkadang menyebabkan batuk.

Mencukupi kebutuhan tubuh akan air dapat melembabkan membran mukosa. “Minum air yang cukup dapat membantu penipisan mukus yang biasanya menyebabkan dahak,” jelas Kenneth DeVault, MD, seorang profesor bidang medis di Mayo Clinic, Jacksonville.

Minum minuman hangat dan Permen Pereda Batuk

Permen-permen pereda batuk ini mudah dijumpai di toko-toko. Begitu pula dengan minuman hangat yang dapat mengusir batuk.

Permen yang paling direkomendasikan oleh Mark Yoder adalah permen yang mengandung mint. Kandungannya dapat membuat belakang tenggorokan mati rasa sementara dan dapat meredakan batuk.

Untuk minuman hangat, meminum teh dengan sedikit tambahan madu juga dapat melegakan tenggorokan dari rasa batuk. “Beberapa penelitian mengatakan bahwa hal ini bisa dilakukan untuk mengurangi batuk,” ungkapnya.

Mandi dengan Air Hangat

Hal sederhana ini juga dapat dilakukan dengan mudah. Mandi dengan air hangat dan menghirup uapnya dapat membantu mengusir batuk. Batuk dapat terusir karena uap panas membantu mengurangi produksi cairan berlebih di hidung.

“Menghirup uap air panas dapat membantu mengusir batuk, baik dari virus influenza maupun karena alergi,” tambah Mosnaim.

Hindari Memakai Wewangian dan Asap Rokok

Parfum dan pewangi kamar mandi mungkin terlihat biasa saja. Tapi, untuk beberapa orang, wewangian tersebut dapat mendatangkan sinus. Produksi mukus berlebihan yang dapat berakibat batuk.

“Hindarilah memakai wewangian tersebut sebisa mungkin,” tegas Alan Weiss, MD, general internist dari Cleveland Clinic.

Adapun selain itu, asap rokok juga merupakan pencemar udara terburuk yang dapat mengakibatkan batuk kronis. Tak hanya perokok yang dapat batuk, namun juga orang-orang di sekitarnya terganggu. Ditambahkan oleh Yoder, batuk kronis dapat menjadi gejala dari kanker paru-paru atau saluran pernapasan lainnya.

Langkah-langkah di atas dapat dengan mudah dilakukan. Jika batuk tak kunjung mereda, berobat ke dokter dapat menjadi solusi. Agar dapat diketahui, batuk seperti apa yang Anda derita. (ipw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat