Lakukan Hal Sehat ini Saat Memasuki Umur 20an

Rs-alirsyadsurabaya.co.id– Jika salah pola makan dan gaya hidup akan berakibat fatal, apalagi ketika memasuki umur 20an, usia produktif. Agar tetap sehat, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Berikut ulasannya.

Memasuki usia 20an, sudah seharusnya kesehatan lebih diperhatikan. Tubuh Anda mungkin dapat mentolerir gaya hidup tidak sehat, tapi jika terbiasa begitu, akan ada dampak fatal di kemudian hari. Contohnya saja, obesitas. Karenanya, penting untuk tetap menjaga kesehatan.

“Kebiasaan sehat akan melekat pada Anda selama sisa kehidupan dewasa Anda. Karena itu penting untuk membangun fondasi yang kuat untuk mencapai kesehatan yang hebat pada tahap awal ini,” kata dr. Nesochi Okeke-Igbokwe, seorang dokter dari New York City dikutip dari Antara.

Berikut adalah kebiasaan yang sehat bisa dimulai ketika memasuki umur 20an, dikutip dari suarasurabaya.

Kurangi Gula

Konsumsi gula berlebihan dapat menjadi akar masalah berbagai penyakit. Obesitas, jantung koroner, kencing manis hingga diabetes. Umur 20an menjadi waktu terbaik untuk mengurangi konsumsi sumber-sumber manis seperti soda ataupun sereal manis.

The American Heart Association mengingatkan konsumsi gula berlebihan dapat menyebabkan obesitas dan diabetes. Untuk mengurangi risiko terserang penyakit tersebut dapat meminum banyak air putih, diimbangi dengan konsumsi buah dan sayur yang seimbang.

Biasakan Tidur Teratur

Di umur 20an, akan lebih banyak lagi kesibukan. Tak jarang kesibukan-kesibukan tersebut membuat jam tidur terganggu karena begadang. Kelelahan dan kantuk berlebihan bisa berbahaya. Karena, dapat memengaruhi kinerja akademik ataupun di tempat kerja.

Adapun selain itu, kurang tidur juga dapat menyebabkan peradangan, penuaan dini, dan mengurangi kemampuan memori otak. Umur 20an menjadi waktu yang tepat untuk membuat kebiasaan istirahat cukup. Hal ini dapat dengan mudah dilakukan, seperti mengurangi penggunaan smartphone pada malam hari.

Lindungi Kulit

Meski saat remaja Anda terlihat bebas dari jerawat, pada usia 20an pun Anda juga harus tetap memperhatikan faktor-faktor penyebab jerawat. Biasakan membasuh wajah secara teratur, tidur tanpa riasan, mengonsumsi vitamin yang cukup, dan langkah sehat lainnya.

Para ahli juga menyarankan untuk menggunakan tabir surya. Karena, penggunaannya bukan hanya untuk melindungi kulit dari ultraviolet, tapi juga melindungi dari tanda penuaan dan kanker kulit.

Bangun dan Jaga Kekuatan Tulang

Tulang menjadi penopang utama tubuh manusia. Karenanya, menjaga kekuatan dan kesehatannya sangatlah diperlukan. Tubuh manusia umumnya mencapai masa puncak pada umur 25 hingga 30 tahun. Setelahnya, akan sangat sulit membangun kekuatan tulang.

“Mencegah osteoporosis tergantung pada dua hal. Membuat tulang kuat dan padat selama 30 tahun pertama kehidupan dan membatasi jumlah keropos tulang di masa dewasa,” papar Harvard, ilmuwan dari T.H. Chan School of Public Health.

Kemudian, untuk memastikan tulang sehat saat melewati umur 30 tahun, konsumsilah jumlah kalsium yang cukup dan lakukan latihan untuk tulang secara rutin.

Usia 20an menjadi usia emas dimana semua bagian tubuh akan menuju titik potensinya. Jika kebiasaan baik dimulai sekarang, hingga tua pun kebiasaan tersebut akan selalu lekat. Dan kesehatan selalu dirasakan.(ipw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat