Lakukan Hal Ini Agar Kesehatan Ginjal Terjaga

Rs-alirsyadsurabaya.co.id-Ginjal merupakan salah satu organ vital tubuh. Untuk itu ada beberapa hal yang bisa dilakukan dalam menjaga kesehatan ginjal agar bisa berfungsi dengan baik.

Menurut Depkes, dilansir dari laman resminya, ginjal berfungsi sebagai organ tubuh untuk ekskresi, membuang sampah metabolisme, menjaga keseimbangan cairan tubuh dan elektrolit, serta membuat hormon untuk pengaturan tekanan darah dan pembentukan sel darah merah.

Agar tubuh tetap berfungsi dengan optimal, orang dengan gagal ginjal harus menjalani hemodialisis sebagai substitusi dari ginjal yang telah rusak. Dan beban biaya hemodialisis terhadap penderita PGK (Penyakit Ginjal Kronis) cukup besar. Oleh karenanya pencegahan penyakit pada ginjal harus dilakukan sebaik mungkin. Berikut caranya.

Cukupi Kebutuhan Cairan

Minum air putih memang penting untuk menjaga kesehatan ginjal. Sebab air putih dapat membantu membilas zat-zat racun yang tertampung di dalam ginjal. Meski begitu, James Simon, MD, selaku ahli saraf dari Cleveland Clinic, dilansir dari Kompas, mewanti-wanti supaya jangan sampai kita minum air putih kebanyakan. Ia menyebut cukup minum 8 gelas air putih setiap hari supaya fungsi ginjal tetap optimal.

Kemudian penting juga untuk tidak membiasakan minum minuman berenergi. Minuman energi merupakan minuman yang berbahaya untuk tubuh jika dikonsumsi terlalu banyak, khususnya berimbas pada kerusakan ginjal.

Hindari Konsumsi Garam Berlebihan

Konsumsi garam berlebihan dan tekanan darah yang tidak terkontrol bisa menyebabkan kerusakan ginjal. Seperti yang dikatakan oleh Dr Ravi Bangsal, senior konsultan ahli ginjal dari Pushpawati Singhania Research Institute, dikutip dari Timesofindia.

“Hindari konsumsi garam dan makanan berlemak secara berlebihan. Kurangi juga asupan makanan cepat saji karena mengandung kadar garam yang tinggi,” tuturnya.

Batasi Soda dan Minuman Manis

Dikutip dari WebMD, studi yang terbitkan dalam Clinical Journal of the American Society of Nephrology menunjukkan mereka yang paling banyak mengonsumsi soda atau minuman rasa buah memiliki risiko 61 persen terkena penyakit ginjal kronis.

Terlebih lagi, yang mengejutkan para peneliti adalah risiko ini juga bisa didapatkan jika meminum air yang memiliki rasa yang manis.

“Secara khusus, ada informasi tentang jenis minuman dan pola seperti apa yang terkait dengan risiko penyakit ginjal,” ujar Casey Rebholz, ketua peneliti Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health.

Seorang pasien penyakit ginjal, Duane Sunwold pernah mengatakan ia mengubah pola makan dan kebiasaan minum untuk menyembuhkan sakitnya pada bagian ginjal. Kemudian Sunwold, yang juga seorang chef, merekomendasikan kepada pasien ginjal lainnya untuk membatasi konsumsi minuman manis khususnya yang menggunakan perisa buatan.

Di lain studi, mengonsumsi minuman bersoda usai berolahraga ternyata berdampak buruk pada ginjal.

Sebagaimana dilansir dari Republika, para ilmuwan dari University of Buffalo di New York yang telah meneliti efek buruk minum soda setelah olahraga terhadap kesehatan ginjal. Temuan mereka telah dipublikasikan di The American Journal of Physiology-Regulatory, Integrative, and Comparative Physiology. (Din)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat