Lakukan Diet dan Perhatikan Menu Makanan Berikut untuk Miliki Perut Rata

Rsalirsyadsurabaya.co.id – Banyak orang yang mengeluhkan keadaan perut yang buncit, sehingga banyak dari mereka memutuskan menjalani diet. Untuk memiliki perut rata, butuh usaha berupa olahraga dan diet yang tepat. Tak lupa, menu makanan pun perlu menjadi perhatian.

Salah satu diet yang dianjurkan untuk meratakan perut buncit adalah diet abs. Diet ini sekaligus juga akan menghilangkan kebiasaan makan yang salah yang mengakibatkan kenaikan berat badan. Jika dilakukan dengan benar, maka diet abs dapat mencapai tujuan penurunan berat badan dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Bagi perempuan maupun pria, diet abs lebih menekankan pada kombinasi seimbang antara makanan kaya nutrisi dan olahraga teratur dengan memberikan sejumlah manfaat. Namun,  ketika melakukan diet abs, tiap orang dianjurkan untuk tetap makan agar memiliki energi sehingga dapat mengatur rasa lapar.

Dua belas makanan bergizi yang baik dikonsumsi agar lemak tak menumpuk di perut, melansir dari Kompas antara lain seperti almond dan kacang-kacangan, bayam, susu, oatmeal instan, telur, kalkun dan daging tanpa lemak, selai kacang, minyak zaitun, biji-bijian, protein ekstra, serta raspberry dan juga beri.

“Yang perlu diperhatikan adalah keseimbangan antara makan dan olahraga, jangan terlalu berlebihan. Hendaknya mengonsumsi makanan yang mengandung protein, sebab dapat memberikan rasa kenyang, memacu pertumbuhan otot tanpa lemak dan mempercepat pembakaran lemak,” jelas Dr. dr. Rahayu Setianingsih F, Sp. KFR, Dokter Spesialis Obesitas RS Al Irsyad Surabaya.

Dokter Rahayu juga menyarankan untuk sebaiknya menghindari karbohidrat olahan, makanan yang digoreng, permen, lemak jenuh dan lemak trans karena menyebabkan penumpukan lemak pada perut.

Berikut ini menu makanan yang dapat diterapkan ketika melakukan diet abs:

Makan 5 sampai 6 kali sehari

Untuk lebih ramping dan mendapatkan abs yang diinginkan, tiap orang justru harus makan lebih sering dengan jadwal sebagai berikut.

Sarapan: 08.00

Snack: 11.00

Makan siang: 13.00

Snack: 16.00

Makan malam: 18.00

Snack: 20.00

Menu Makanan Super

Jadikan menu makanan super ini sebagai makanan pokok. Di antaranya seperti kacang-kacangan, sayuran hijau, produk susu, oatmeal, telur, daging tanpa lemak, minyak zaitun, roti gandum, sereal, dan buah beri.

Tambah Porsi Protein

Jangan lupa untuk menyertakan protein di setiap makan besar. Seperti protein dari telur, daging, atau kedelai.

Konsumsi Karbohidrat Kompleks

Konsumsilah karbohidrat kompleks untuk tubuh yang lebih ideal. Contohnya seperti kentang, pasta, beras merah dan sayuran.

Minum Banyak Air

Air sangat penting untuk membantu metabolisme tubuh lebih lancar. Terutama jenis air putih atau air mineral hangat. (Gth)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat