Lakukan Cara Ini untuk Pastikan Udara Rumah Tetap Segar Selama Masa Pandemi Covid-19

Rs-alirsyadsurabaya.co.id – Selama pandemi Covid-19, pemerintah mengimbau masyarakat untuk tetap di rumah sebagai bentuk pencegahan penyebaran virus. Untuk membantu menjaga kondisi tubuh, utamanya sistem pernapasan, maka selama tetap tinggal di rumah kita juga perlu memastikan sirkulasi udara di dalamnya.

Selain menjaga sirkulasi udara agar tetap berganti, sirkulasi udara juga berguna agar polutan tak masuk ke dalam rumah. Untuk itu, dibutuhkan cara yang tepat untuk memastikan udara di rumah tetap segar.

Buka Jendela

Jendela yang terbuka adalah solusi tepat. Sebab bila jendela tertutup sepanjang hari, justru akan menimbulkan bahan kimia dan allergen menumpuk. Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Spesialis Alergi di Klinik Burghwood, dokter Appelles Econs.

“Udara segar dari luar bukanlah musuh. Buka jendelamu dengan teratur,” sarannya.

Begitu pula yang disampaikan oleh dokter Paul Young dari Lancaster University yang menyarankan untuk membuka jendela ketika malam hari atau saat lalu lintas lengang. “Anda mungkin tidak ingin membuka jendela sepanjang waktu, tapi Anda tetap butuh ventilasi,” tuturnya.

Tanaman

Penelitian oleh NASA pada 1980-an menemukan bahwa tanaman menghilangkan polutan beracun dari udara. Tapi penelitian ini dilakukan di ruangan tertutup, mirip kondisi di ruang angkasa. Tentunya keberadaan tanaman di dalam rumah akan membantu membuat udara bertambah lebih segar meski tak terlalu banyak dampaknya.

“Kecuali Anda memiliki hutan di rumah, maka efeknya mungkin akan terasa,” jelas Profesor ari Technical University of Denmark, Pawel Wargocki dilansir dari cnnindonesia.com.

Tekan Polutan di Dalam Rumah

Hal yang harus dilakukan untuk menghindari polutan di dalam rumah adalah menghindari merokok di dalam rumah. Selain itu, ketika memasak pastikan kipas ventilator menyala atau buka jendela.

Pertimbangkan menggunakan produk yang aman untuk membersihkan udara di dalam rumah. Pilihlah wadah tertutup rapat. Bahan kimia pembersih sebaiknya menghasilkan komponen organik yang mudah menguap. Dan jika memungkinkan, simpan di luar rumah.

Pemilihan Materi

Tungau dan debu bisa menetap di perabotan lembut seperti bantal, karpet, atau kasur. Maka dari itu, sebaiknya hindari menggunakan karpet. Hal itu tentunya dapat membantu meningkatkan kualitas udara.

Kelembapan

Faktor terbesar yang memengaruhi kualitas udara di rumah-rumah di Inggris adalah kelembapan dalam ruangan. Kondisi lembap bisa diminimalkan dengan memberikan ventilasi atau dengan memasang kipas ekstraktor di kamar mandi. Selain itu, ketika mencuci pakaian, maka cobalah untuk mengeringkannya di luar ruangan. (Gth)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat