Konsumsi Makanan Ini Bisa Bantu Cegah Serangan Jantung

Rs-alirsyadsurabaya.co.id – Serangan jantung dapat menyerang siapa saja dan kapan saja. Dengan demikian, penting bagi setiap orang untuk menjaga kesehatan jantung sejak dini. Menjaga pola hidup sehat dengan berolahraga secara teratur dan tidak berlebihan, serta mengonsumsi makanan yang baik. 

Beberapa makanan bisa kita konsumsi untuk mencegah serangan jantung. Sejumlah makanan ini tidak hanya bernutrisi baik bagi jantung, tetapi juga dapat melancarkan pembuluh darah. Berikut ini beberapa makanan yang dapat mencegah serangan jantung:

Sayuran Berdaun Hijau

Untuk mencegah serangan jantung, sebaiknya seseorang rajin mengonsumsi sayuran berdaun hijau, seperti bayam, kangkung, dan sawi. Hal itu karena sayuran hijau kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan, sekaligus sumber vitamin K yang dapat melindungi pembuluh arteri.

Selain itu, sayuran hijau juga mengandung nitrat yang mengurangi tekanan darah, mengurangi kekakuan arteri, dan meningkatkan fungsi sel yang melapisi pembuluh darah.

Seperti ditunjukkan dalam sebuah studi, bahwa peningkatan asupan sayuran hijau berhubungan dengan risiko penyakit jantung yang lebih rendah.

Gandum Utuh

Selanjutnya ada gandum utuh yang mengandung banyak serat sehingga dapat mengurangi kolesterol jahat. Sebab, kolesterol yang menumpuk menjadi salah satu faktor risiko yang dapat memicu serangan jantung. 

Analisis 45 studi menunjukkan, makan tiga porsi gandum utuh setiap hari dapat menurunkan risiko penyakit jantung hingga 22 persen.

Alpukat

Alpukat merupakan sumber lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan jantung. Di mana lemak tak jenuh ini berkaitan dengan kadar kolesterol dan risiko penyakit jantung yang lebih rendah. 

Selain itu, alpukat juga kaya akan kandungan kalium yang merupakan nutrisi penting bagi jantung. Konsumsi kalium juga dapat menurunkan tekanan darah yang dikaitkan dengan serangan jantung dan stroke yang lebih rendah.

Ikan Berlemak

Ikan berlemak yang kaya akan asam lemak omega-3 ternyata baik bagi kesehatan jantung, misalnya ikan salmon, kembung, dan sarden. Sebuah studi menunjukkan, konsumsi salmon tiga kali seminggu menurunkan tekanan darah sistolik.

Penelitian lain mendapati konsumsi ikan berlemak dalam jangka panjang dikaitkan dengan kolesterol, trigliserida, dan gula darah yang juga lebih rendah. Minyak ikan juga dapat dikonsumsi karena terbukti mengurangi trigliserida darah dan meningkatkan fungsi pembuluh arteri.

Tomat
Tomat banyak mengandung likopen, yaitu antioksidan yang mampu melawan inflamasi pada organ jantung. Antioksidan ini dapat mencegah kerusakan oksidatif di jantung dan pembuluh darah.

Studi menemukan, kadar likopen yang rendah di dalam darah dikaitkan dengan peningkatan risiko serangan jantung dan stroke.

Lima makanan sehat tersebut, seperti dilansir CNNIndonesia, dianjurkan untuk dikonsumsi sehari-hari agar terhindar dari serangan jantung. Namun, untuk mencegah terjadinya serangan jantung, seseorang juga perlu melakukan pola hidup sehat lain, seperti rutin berolahraga, tidak merokok dan mengonsumsi alkohol, istirahat yang cukup, dan rutin memeriksakan kesehatan. (Gth)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat