Konsumsi Kafein Sebelum Olahraga, Ternyata Bisa Mengancam Jiwa

Rs-alirsyadsurabaya.co.id – Untuk memacu semangat, kafein seringkali dipakai seseorang sebelum olahraga. Padahal itu merupakan kebiasaan buruk yang ternyata dapat mengancam jiwa seseorang.

Seperti dimuat dalam kompas, dalam sebuah penelitian terbaru yang diterbitkan dalam Medicine & Science in Sports & Exercise disebutkan bahwa ternyata mengonsumsi kafein sebelum berolahraga dapat mengancam jiwa seseorang karena penggumpalan darah yang meningkat dalam tubuhnya.

Penelitian tersebut melibatkan 48 orang dengan jenis kelamin laki-laki yang rata-rata usianya 23 tahun dengan indeks masa tubuh normal. Dalam penelitian tersebut disebutkan bahwa para peserta tersebut harus menyelesaikan 2 sesi latihan olahraga sepeda dalam minggu yang terpisah dan dengan peningkatan kecepatan hingga intensitas tinggi.

Sebelum melakukan latihan tersebut para peserta diberikan sebuah plasebo yaitu minuman berkafein dan diperiksa tekanan darahnya. Setelah latihan tersebut selesai, para peserta tersebut diperiksa kembali tekanan darahnya.

Hasilnya, dengan melakukan pengamatan terhadap tanda-tanda vital para perserta tersebut ditemukan bahwa seseorang yang mengonsumsi kafein sebelum berolahraga akan meningkatkan faktor koagulasi atau dengan kata lain meningkatkan resiko mengalamai pembekuan darah selama olahraga berlangsung.

Inilah hal yang harus selalu diwaspai oleh seseorang, karena pembekuan darah tersebut akan menyebabkan berbagai penyakit dalam tubuh seperti stroke, trombosis vena dalam, serangan jantung dan emboli paru.

Namun di sisi lain, ada juga beberapa orang yang tidak memiliki resiko apapun meskipun ia mengonsumsi kafein sebelum atau sesudah berolahraga. Hal ini dikarenakan seseorang yang memiliki resiko pembekuan darah akibat pengonsumsian kafein setelah berolahraga adalah seseorang yang memang memiliki potensi atau faktor resiko mengalami pembekuan darah.

Misalnya saja seperti, seseorang yang memiliki faktor resiko penyakit kardiovaskular, obesitas, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi dan gaya hidup yang tidak sehat.

Dalam hal ini memang ada sebagian orang yang tampak sehat tetapi memiliki kondisi patologis mendasar yang memang harus selalu diwaspadai, karena dapat menempatkan seseorang tersebut pada faktor resiko. Hal inilah yang harus diperhatikan agar seseorang dapat memahami kondisi kesehatannya sendiri.

Untuk itu, sebaiknya seseorang mengonsultasikan mengenai kesehatannya kepada dokter spesialis dan memeriksakan secara rutin untuk mengetahui kondisi kesehatannya sehingga dapat terhindar dari resiko pembekuan darah saat berolahraga akibat meminum kafein sebelumnya.

Selain itu, bagi seseorang yang memang tidak memiliki faktor risiko harus tetap memperhatikan pembatasan konsumsi kafein yaitu sekitar 400 miligram per harinya, agar tubuh terhindar dari dampak buruk kafein di kemudian hari.

Untuk itu, konsultasikan berbagai nutrisi terbaik agar kesehatan menjadi lebih baik kepada ahli gizi di RS Al Irsyad Surabaya, salah satu RS terbaik yang ada di Kota Surabaya. (nsa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat