Konsumsi Beragam Makanan Ini Baik untuk Jaga Kesehatan Paru-Paru

Rs-alirsyadsurabaya.co.id – Pandemi virus corona jenis baru menyasar pada sistem pernapasan manusia. Dengan demikian, salah satu pencegahan yang dapat dilakukan adalah memastikan kesehatan paru-paru tetap terjaga, salah satunya melalui konsumsi makanan. Pasalnya, infeksi virus ini akan menyebabkan kerusakan pada paru-paru manusia.

Virus corona (Covid-19) kini telah menyebar ke berbagai Negara di dunia, salah satunya di Indonesia. Untuk menghadapi Covid-19, tiap orang dianjurkan untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak terinfeksi. Sebab, orang dengan imunitas yang rendah akan mudah terinfeksi virus ini.

Dalam konteks menjaga kesehatan paru-paru, maka juga penting diperhatikan oleh tiap orang. Berikut ini beberapa makanan yang dapat dikonsumsi untuk meningkatkan kesehatan paru-paru.

Apel

Apel memiliki kandungan yang kaya akan phytochemica sehingga mampu mengurangi peradangan dan stres oksidatif. Dengan mengonsumsi apel, seseorang dapat meningkatkan fungsi paru-paru sekaligus menjaga kesehatannya.

“Jenis buah yang satu ini diketahui memiliki nutrisi yang sangat tinggi dan antioksidan yang baik mencegah berbagai jenis infeksi dan peradangan di paru paru,” ujar Ahli Gizi RS Al Irsyad Surabaya, Nur Ulfah, A.Md.Gz.

Sayuran Hijau

Sayuran berwarna hijau, misalnya bayam atau kangkung ternyata juga baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan paru-paru. Pasalnya, sayuran hijau ini menyimpan nutrisi penuh seperti serat, mineral, antioksidan dan vitamin. Berbagai kandungan tersebut mampu mendukung kesehatan paru-paru.

“Misalnya bayam dan brokoli. Kandungan bayam yang paling bermanfaat adalah vitamin B yang akan mencegah kanker paru. Sedangkan kandungan antioksidan pada brokoli bermanfaat baik untuk kesehatan paru-paru,” jelasnya.

Bawang Putih

Bawang putih ternyata juga dapat membantu mengurangi risiko berkembangnya kanker paru-paru. Pasalnya, bawang putih ini mengandung sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang dapat membantu melindungi paru-paru dari stres oksidatif.

Untuk jangka panjang, dilansir dari cnnindonesia.com, konsumsi bawang putih juga bisa membantu menjaga kesehatan paru-paru.

Ikan Salmon

Ikan salmon menjadi pilihan tepat bila seseorang ingin menjaga kesehatan paru-paru dengan mengonsumsi makanan laut. Sebab, ikan salmon merupakan sumber asam lemak omega-2 anti-inflamasi yang dapat membantu menjaga kesehatan paru-paru.

Aprikot

Menurut Ulfah, buah satu ini memang sangat kaya akan vitamin A dan antioksidan. Kedua kandungan utama dalam buah aprikot tersebut diketahui sangat baik untuk mencegah paru-paru terinfeksi.

Jahe

Jahe memiliki kandungan antiseptik dan antibakteri sehingga tidak akan ada infeksi yang terjadi pada paru paru seseorang. Selain dapat diolah menjadi makanan, kata Ulfah, jahe juga dapat diolah menjadi minuman hangat yang baik menjadi makanan pencegah paru-paru basah.

Buah Delima Buah delima diketahui mampu mengeluarkan banyak jenis racun dari paru-paru, “Bahkan delima disebut sebagai makanan yang baik untuk penderita flek paru,” tutupnya. (Gth)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat