Konsumsi Asupan Berkualitas Setelah Transfusi Darah

Rs-alirsyadsurabaya.co.id- Transfusi darah atau yang sering dikenal dengan donor darah adalah satu hal yang bisa dikatakan mulia. Di samping itu, transfusi darah berguna meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan bagi pendonornya. Tentu pada prosesnya, pendonor yang selesai mendonor perlu kembali memperhatikan asupan makanannya.

Tidak semua orang bisa menjadi pendonor. Ini bergantung pada kondisi kesehatan, serta kualitas darah, seperti tekanan dan Hb darah. Lebih dari itu, seorang pendonor juga harus memperhatikan kesehatannya, termasuk asupan makanan setelah mendonorkan darahnya.

Konsumsi makanan yang tepat perlu diperhatikan usai melakukan transfusi bagi pendonor darah agar lebih bugar dan dapat membantu mengisi kembali nutrisi dalam tubuh setelah kehilangan zat besi dan vitamin. Beberapa kandungan nutrisi yang baiknya dikonsumsi ialah:

Mengandung Banyak Zat Besi

Tanpa zat besi, tubuh tidak dapat mempertahankan atau memproduksi sel darah merah yang sehat. Karena tubuh pendonor darah harus mulai membuat sel-sel darah baru, maka mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi setelah mendonorkan darah tentu dapat mengembalikan kebugaran tubuh.

“Makanan yang mengandung zat besi sangat dibutuhkan setelah seseorang melakukan transfusi darah karena dapat membantu mempercepat pembentukan sel darah merah baru, sehingga kondisi seseorang tersebut bisa lebih cepat pulih,” ujar Nur Ulfah, A.Md.Gz, Ahli Gizi di RS Al-Irsyad Surabaya.

Contoh makanan kaya akan zat besi yang dapat dikonsumsi antara lain, bayam, daging merah, ikan, unggas, dan kacang-kacangan.

Untuk membantu tubuh dalam penyerapan zat besi sendiri, Ulfah juga mengingatkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C seperti jeruk, lemon, kiwi, jambu biji, pepaya, stroberi, tomat, serta paprika. Karena penyerapan zat besi yang lebih baik dapat mempercepat pembentukan sel darah merah.

“Selain itu, perlu diperhatikan agar tidak mengonsumi teh setelah kita mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi, karena di dalam teh mengandung zat yang justru menghambat penyerapan zat besi,” imbuh Ulfah.

Mengandung Folat

Tubuh kita menggunakan folat atau vitamin B-9 dan asam folat (folacin) untuk memproduksi sel darah merah baru.

Makanan yang mengandung folat ialah termasuk hati, kacang, asparagus dan sayuran berdaun hijau seperti bayam, brokoli, dan selada. Namun, jus jeruk adalah sumber folat yang bagus.

Mengandung Riboflavin atau Vitamin B2

Riboflavin atau vitamin B2 merupakan vitamin yang diperlukan untuk menghasilkan sel darah merah. Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung riboflavin, maka akan dapat membantu tubuh kita mengubah karbohidrat menjadi energi bagi tubuh.

Setelah pendonor selesai melakukan transfusi darah, maka pendonor akan merasa lemah. Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung riboflavin, maka akan dapat membantu pendonor agar tetap bugar.

Makanan yang mengandung riboflavin termasuk makanan yang memiliki zat besi dan folat, antara lain, telur, kacang polong, kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau, brokoli, asparagus, dan sereal. Namun, susu dan yogurt juga dapat menjadi sumber riboflavin yang baik.

Mengandung Vitamin B6

Tubuh pendonor membutuhkan vitamin B6 untuk membangun sel darah yang sehat. Karena protein mengandung banyak nutrisi yang pendonor butuhkan setelah donor darah, maka mengonsumsi makanan dengan kandungan vitamin B6 adalah hal yang tepat.

Contoh makanan mengandung vitamin B6 yang dapat dikonsumsi meliputi kentang, pisang, kacang-kacangan, daging merah, ikan, telur, dan bayam.

Minum Air Putih

Jangan mengabaikan pentingnya cairan dengan hanya pada asupan makanan yang pendonor makan. Cairan terbaik bagi tubuh adalah air. Minum air putih lebih banyak hingga 48 jam setelah donor darah sangat penting dalam membantu tubuh pendonor untuk menyesuaikan diri.

Dengan konsumsi makanan dengan diimbangi minuman yang tepat dan sehat setelah donor darah, dapat membantu pendnor memperoleh kembali energinya. Selain itu, tubuh pendonor juga dapat mulai membangun kembali sel-sel darah yang baru, sehingga siap didonasikan lagi pada tiga bulan mendatang. (nin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat