Konsumsi Antibiotik, Ketahui 4 Fakta yang Harus Diperhatikan Berikut

Rsalirsyadsurabaya.co.id – Banyak orang berpikir ketika tubuh merasakan gejala infeksi seperti bersin, batuk, ataupun kepala yang terasa pening bisa begitu saja diatasi dengan konsumsi antibiotik. Padahal, tidak semua infeksi bisa sembuh dengan antibiotik.

Menurut ahli pengobatan keluarga dari Cleveland Clinic, Daniel Allan, penggunaan antibiotik yang tidak sesuai bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Karenanya, antibiotik harus dikonsumsi sesuai petunjuk dokter.

Namun, banyak mitos mengenai antibiotik yang membuat orang-orang berpikir antibiotik sebagai solusi atas semua infeksi yang terjadi. Berikut fakta seputar antibiotik yang harus kita ketahui:

Tidak semua infeksi sembuh dengan antibiotik

Antibiotik hanya berfungsi untuk melawan infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Dengan kata lain, obat ini tak bisa digunakan untuk melawan infeksi virus, seperti flu atau COVID-19, kecuali infeksi virus disertai infeksi sekunder oleh bakteri, maka diperlukan antibiotik.

“Ketika mengunjungi dokter, buatlah sespesifik mungkin tentang semua gejala yang Anda alami sehingga penyebab dan penangannya tepat,” ucap Allan.

Ini karena banyak orang menemui dokter hanya untuk meminta resep antiobiotik tanpa menceritakan gejala spesifik yang dialaminya. Tentunya, hal ini bisa mengakibatkan kesalahan fatal.

Mengonsumsi antibiotik secara berlebihan

Mengonsumsi antibiotik secara berlebihan justru akan mengakibatkan resistensi. Bakteri menjadi kebal terhadap obat dari waktu ke waktu, sehingga sulit diatasi saat menginfeksi tubuh. Resistensi bakteri ini juga bisa membuat infeksi lebih mudah menyebar.

“Bakteri yang resisten terhadap obat akan lebih sulit untuk diobati dan bisa berpotensi komplikasi serius,” kata Allan, dikutip Kompas.

Tidak semua anibiotik sama

Ada bermacam-macam antibiotik dengan fungsi yang berbeda-beda pula. Penggunana antibiotik secara sembarangan juga bisa menyebabkan efek samping serius, seperti infeksi yang parah dan sulit diobati.

Antibiotik yang bekerja untuk infeksi saluran kemih tidak sama dengan antibiotik untuk melawan radang tenggorokan. Menggunakannya dengan keliru justru tidak akan mendapatkan manfaat antibiotik secara efektif.

Jangan simpan antibiotik terlalu lama

Jika Anda memiliki sisa antibiotik sejak terakhir kali Anda sakit, maka jangan langsung meminumnya. Seperti yang disebutkan sebelumnya, antibiotik memiliki beragam jenis dengan fungsi berbeda-beda, sehingga tidak bisa berasumsi bahwa sisa obat tersebut juga bisa akan kembali memberi manfaat yang efektif.

Mengonsumsi obat yang salah justru membuat kita berisiko mengalami efek samping dan resistensi obat di masa mendatang. Untuk informasi pelayanan Rumah Sakit Al-Irsyad Surabaya, dapat menghubungi 03199091800/03199091700 atau WhatsApp 081216514916. (nin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat