Ketentuan Melahirkan RS Al Irsyad Surabaya di Masa Pandemi

Rsalirsyadsurabaya.co.id – Proses melahirkan selama masa pandemi COVID-19 kerap membuat khawatir ibu hamil maupun keluarga. Untuk itu, sesuai dengan protokol kesehatan yang diterapkan oleh RS Al Irsyad Surabaya, ada beberapa ketentuan yang perlu diperhatikan ibu hamil sebelum memutuskan melahirkan di rumah sakit.

Dokter Spesialis Kandungan RS Al Irsyad Surabaya, dr. Ariefandy Pambudi, Sp.OG menyampaikan bahwa ada beragam ketentuan melahirkan saat pandemi COVID-19 yang diterapkan di RS Al Irsyad Surabaya. Hal ini dilakukan agar ibu hamil dan janin tetap aman hingga proses persalinan usai.

dr. Ariefandy menyebut bahwa pemeriksaan Antenatal Care (ANC) begitu penting diperhatikan. Pemeriksaan ANC sendiri adalah pemeriksaan kehamilan yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental pada ibu hamil secara optimal, hingga mampu menghadapi masa persalinan dan nifas, menghadapi persiapan pemberian ASI secara eksklusif, serta kembalinya kesehatan alat reproduksi dengan wajar.

Ada beberapa ketentuan yang perlu diperhatikan terkait ANC dan persalinan saat pandemi COVID-19, antara lain:

  1. Pada kehamilan risiko rendah, jadwal ANC dapat dilakukan masing-masing sekali pada trimester pertama dan kedua, tiap dua minggu sekali pada trimester ketiga, dan tiap minggu saat telah mendekati hari persalinan kecuali bila ada keluhan, maka bisa dilakukan kontrol ulang. Sedangkan pada kehamilan risiko tinggi, kontrol harus dilakukan tiap bulan sesuai jadwal.
  2. Pada usia kehamilan 37 minggu akan dilakukan tes swab untuk evaluasi faktor risiko COVID-19 terhadap ibu hamil.
  3.  Saat didapat keluhan batuk, pilek, demam, adanya kontak dengan penderita terinfeksi, sesak nafas, maka segera dilakukan tes swab.
  4. Diwajibkan untuk ibu hamil tetap menjalankan protokol kesehatan dengan 5M (Memakai masker, Mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, serta Membatasi mobilisasi dan interaksi.
  5. Prinsip perawatan saat kondisi pandemi: pada penderita yang terkonfirmasi positif COVID-19 dapat menjalankan persalinan di RS rujukan COVID-19, sedangkan bagi ibu hamil dengan probable atau confirm COVID-19 tetapi tanpa gejala, maka diminta untuk isolasi mandiri. Saat isolasi mandiri selesai, maka akan dilakukan tes swab ulangan. Ibu hamil dengan status tanpa gejala dapat kontrol rutin bila hasil swab negatif.
  6. Pemeriksaan swab tes bisa dilakukan di RS secara terjadwal.

Konsultasikan kondisi kehamilan Anda dengan dr. Ariefandy Pambudi, Sp.OG setiap Senin pukul 13.00 – 14.30, Selasa dan Jum‘at pukul 14.00 – 15.30, serta Sabtu minggu ke-2 dan 4 pukul 15.30 – selesai. Informasi lebih lanjut pelayanan Rumah Sakit Al-Irsyad Surabaya, dapat menghubungi 03199091800/03199091700 atau WhatsApp 081216514916 (chat only).

Pendaftaran pasien secara online melalui website dapat dilakukan di sini atau melalui aplikasi Pendaftaran Online RS Al Irsyad Surabaya yang dapat diunduh terlebih dahulu di http://bit.ly/mobileapprsalirsyad.

  1. (Gth)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat