Ketahui Tips Program Hamil Saat Puasa Ramadan

Rsalirsyadsurabaya.co.id – Pasangan suami istri yang sedang menjalankan program hamil (promil) selama bulan Ramadan harus memperhatikan kondisi tubuh dan mengetahui cara tepat untuk menjalankan promil dengan baik.

Ketika berpuasa, kadar asam dan basa dalam tubuh menjadi lebih seimbang sehingga fungsi berbagai organ tubuh pun semakin meningkat. Puasa pun memberi kesempatan bagi alat pencernaan untuk beristirahat. Sehingga, berbagai racun dan kotoran yang berpotensi mengganggu kesehatan dapat diminimalkan.

Dengan begitu, menjalankan promil selama berpuasa pun menjadi pilihan baik, sebab tak hanya tubuh yang didetoksifikasi, namun pikiran buruk atau stres pun juga dapat diminimalisir. Dokter Spesialis Kandungan RS Al Irsyad Surabaya, dr. Ariefandy Pambudi, Sp.OG menyebutkan beberapa tips agar program kehamilan dapat berjalan lancar selama bulan suci Ramadan, antara lain:

Atur pola makan sehat untuk berbuka dan sahur

Tiap pasangan suami istri tetap harus mengontrol makanan yang masuk ke dalam tubuhnya. Meski puasa merupakan kegiatan yang menyehatkan dan bermanfaat bagi tubuh, namun jika makanan yang masuk tidak sehat, maka juga akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Untuk itu, perlu mengatur pola makan yang lebih baik untuk meningkatkan kesuburan, baik suami maupun istri. Makanan yang dianjurkan dikonsumsi, antara lain:

  • Kacang-kacangan, seperti kacang almon dan kacang kenari
  • Telur
  • Pisang
  • Tauge
  • Tiram
  • Ikan salmon
  • Biji bunga matahari

Pastikan untuk tetap berolahraga

Meski sedang berpuasa, namun olahraga tetap harus dilakukan agar tubuh menjadi bugar. Selama waktu puasa, waktu yang tepat untuk berolahraga adalah setelah sahur, yakni sekitar lima belas menit sebelum subuh. Untuk jenis olahraganya sendiri pun bermacam-macam, antara lain:

  • Jogging
  • Yoga
  • Bersepeda
  • Berenang
  • Jalan cepat

Atasi stres dengan mendekatkan diri pada Allah

Mengatur stres dapat dilakukan dengan mendekatkan diri kepada Allah subhanahu wa ta’ala selama bulan Ramadan. Hal ini pun bermanfaat pula bagi kesehatan fisik maupun mental.

Puasa dapat meredam stres dengan cara meningkatkan pelepasan beberapa endorfin, yaitu ‘hormon bahagia’. Sehingga kekurangan hormon endorfin sering dikaitkan dengan gangguan depresi dan kecemasan.

Selama beberapa hari pertama puasa, tubuh akan mulai melepaskan hormon ‘bahagia’ ini. Alhasil, beberapa orang mungkin menyadari bahwa suasana hati mereka membaik. 

Perbaiki pola tidur saat berpuasa

Pola tidur selama bulan puasa memang akan terganggu, sebab saat berpuasa diwajibkan untuk sahur, maka dari itu secara tidak langsung tiap orang akan dipaksa untuk tidur lebih awal agar bisa bangun sahur sebelum imsak.

Untuk itu, mengatur pola tidur yang baik selama berpuasa dapat mengembalikan kondisi tubuh dan hormon dalam tubuh pun akan lebih seimbang.

Untuk informasi pelayanan Rumah Sakit Al-Irsyad Surabaya, dapat menghubungi 03199091800/03199091700 atau WhatsApp 081216514916 (chat only).

Pendaftaran pasien secara online melalui website dapat dilakukan di sini atau melalui aplikasi Pendaftaran Online RS Al Irsyad Surabaya yang dapat diunduh terlebih dahulu di http://bit.ly/mobileapprsalirsyad. (Gth)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat